Darul Mursyid Masuk Final LTKI Nasional di UNAND 2018

Darul Mursyid Masuk Final LTKI Nasional di UNAND 2018

30/04/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL | Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) yang beralamat di Desa Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) berhasil lolos masuk final pada event Lomba Tekhnologi Kimia Industri (LTKI) Nasional di Universitas Andalas (UNAND) pada tanggal 13-16 April 2018 lalu dengan meraih peringkat 9.

“LTKI ini bertemakan pemanfaatan internet dalam meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah menghadapi era industri,” ucap Arif Rahman Tampubolon, guru pendamping Tim PDM.

Dikatakan Arif bahwa sebelumnya PDM telah dinyatakan lulus hasil seleksi secara Nasional, salah satu dari lima belas besar peserta terpilih.

Lima Belas besar peserta yang lolos dari berbagai sekolah secara Nasional itu adalah satu tim dari PDM, dua tim dari SMA 4 Denpasar, dua tim dari SMA Az-Zahra Palembang, satu tim dari MAN 1 Tasikmalaya, satu tim dari SMAN Sumatera Selatan, satu tim dari SMAN 1 Padang Panjang, satu tim dari MAN 2 Pekanbaru, dua tim dari MAN 2 Batam, satu tim dari SMAN 10 Samarinda, satu tim dari SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh.

“Lima belas sekolah yang dinyatakan lulus tersebut bertanding di Unand Padang. Utusan PDM ada satu tim dalam event ini atas nama Aulia Rahmat Harianja, Muhammad Isrok Efendi dan Agung Bastanta. Mereka mengangkat tema Solusi Kopi Pinabar Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pada akhirnya tim PDM berhasil meraih peringkat 9. Semoga tahun yang akan datang prestasi PDM semakin baik lagi,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Bidang Pendidikan PDM, Yusri Lubis menyambut baik atas prestasi yang ditorehkan anak didiknya.

“Alhamdulillah, anak-anak PDM kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Meski belum berhasil mencapai prestasi yang terbaik, namun ini sangat patut disyukuri. Karena PDM telah terpilih sebagai finalis dan meraih peringkat sembilan secara Nasional. Hal yang juga unik adalah bahwa PDM merupakan satu-satunya peserta yang berhasil lolos dari Sumatera Utara (Sumut),” ujar Yusri dengan bangga.

Selain itu, Yusri Lubis mengutarakan bahwa data panitia menunjukkan bahwa PDM merupakan satu-satunya juga yang berasal dari pesantren, selebihnya dari SMA atau MA berbagai daerah.

“PDM selain membawa nama Sumut sebenarnya juga membawa nama pesantren dalam event tingkat Nasional ini. Hal ini membuktikan bahwa PDM secara tidak langsung mensejajarkan pesantren dengan sekolah umum lainnnya pada prestasi karya tulis ilmiah. Semoga dimasa yang akan datang PDM bisa mempersembahkan prestasi terbaik,” tutup Yusri.

Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), H. Jafar Syahbuddin Ritonga DBA yang mengelola PDM mengutarakan rasa bangganya atas pencapaian PDM pada event LTKI tingkat Nasional di Unand tersebut.

“Atas berkah Allah, PDM kembali terpilih sebagai finalis dalam LTKI tingkat Nasional. Semoga ini menjadi motivasi bagi semua anak didik kami di PDM bahwa mereka kini sudah sejajar dengan sekolah umum lainnya yang ada di Indonesia. Terbukti dengan prestasi yang di torehkan oleh kawan-kawannya. Saya ingin PDM dimasa yang akan datang sebagai ikon pesantren yang berprestasi di bidang sains,” tutur Jafar, alumni S3 USM Penang Malaysia ini. (Borneo)