Pembangunan Kantor Camat Termegah di Tapsel Dimulai

Pembangunan Kantor Camat Termegah di Tapsel Dimulai

30/04/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL | Pembangunan kantor Camat Batangtoru beserta rumah dinas dan fasilitas pendukung lainnya, berlokasi di Kelurahan WEK I yang dimulai Rabu (25/4) lalu merupakan kantor camat termegah di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Dimana, peletakan batu pertama pembangunan kantor camat berlantai dua tersebut dilakukan Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu SH bersama Direktur Operasional PT Agincourt Resources (AR), Ed Cooney.

Bupati, H. Syahrul M. Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, nantinya kantor camat tersebut merupakan yang termegah di Kabupaten Tapsel.

Atas dasar itu, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT AR yang telah memfasilitasi pembangunan kantor dan rumah camat beserta fasilitas pendukungnya tersebut sebagai bukti kepedulian kepada Pemkab Tapsel.

Ia juga mempersilahkan PT AR untuk terus berusaha menggali potensi yang ada di bumi Tapsel utamanya di Kecamatan Batangtoru.

“Tapi jangan lupa tunaikan kewajiban berupa royalty,  pajak, retribusi daerah dan CSR-nya,” tegasnya.

Syahrul juga meminta CSR PT AR jangan hanya membantu di bidang infrastruktur saja, tapi juga di bidang pemberdayaan masyarakat dengan prioritas lingkar tambang dan sekitar tambang.

Dimana, PT AR mendukung pembangunan sarana dan prasarana area perkantoran Camat Kecamatan Batangtoru seluas 600 M2 yang terdiri dari kantor dan rumah dinas Camat, beserta fasilitas pendukung lainnya. Pembangunan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Batangtoru.

Dukungan pembangunan tersebut dilakukan melalui penandatangan nota kesepahaman dan peletakan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu SH dan Direktur Operasional PT AR, Ed Cooney.

“Tambang Emas Martabe berharap dukungan perbaikan dan pembangunan kantor Kecamatan Batangtoru ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagaimana dicanangkan oleh pemerintah daerah, yaitu Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. Selain itu, kami juga menyadari bahwa kawasan perkantoran Kecamatan Batangtoru juga sebaiknya memiliki ruang publik dimana masyarakat bisa melakukan aktivitas seperti olahraga, perayaan keagamaan hingga sarana bermain. Untuk itu kami juga akan mendukung perbaikan beberapa fasilitas lain seperti perpustakaan, kantin, lapangan olahraga, penataan pelataran parkir dan gedung perkantoran,” jelas Ed Cooney.

Senior Manager Community PT AR, Pramana Triwahjudi merinci, saat ini bangunan kantor Kecamatan Batangtoru seluas 232 M2 serta rumah dinas Camat seluas 120 M2 memerlukan perbaikan agar pelayanan publik menjadi lebih nyaman.

Kantor Kecamatan Batangtoru yang baru nantinya akan menjadi bangunan dua lantai, disertai penambahan beberapa fasilitas seperti ruang rapat, ruang laktasi, arsip dan fasilitas pendukung lainnya.

Tak hanya itu, Tambang Emas Martabe juga mendukung pembangunan kantor Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) serta garasi untuk mobil pemadam kebakaran.

Rumah dinas Camat seluas 120 M2 akan dibangun dengan desain baru yang selaras dengan kantor kecamatan. Fasilitas perpustakaan dan kantin juga akan dibangun dengan konsep khusus guna menambah kenyamanan anak-anak dan masyarakat luas yang datang berkunjung.

“Kami menginginkan kantor ini nantinya bisa menjadi landmark Batangtoru, karena desain kantor baru ini telah mempertimbangkan kearifan lokal masyarakat,” ucap Pramana. (Borneo)