Asah Kemampuan Prajurit, Personil Korem 023/KS Ikuti Latihan Menembak Jatri

Asah Kemampuan Prajurit, Personil Korem 023/KS Ikuti Latihan Menembak Jatri

04/05/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Untuk mengasah dan mengukur kemampuan prajurit, personil Korem 023/KS mengikuti latihan menembak senjata ringan (Jatri), program kerja Triwuln II Tahun Anggaran (TA) 2018 di lapangan tembak Lanal Sibolga. Kegiatan latihan tersebut berlangsung selama tiga (3) hari, mulai tanggal 2 Mei hingga 4 Mei 2018.

Menurut Kasiops Korem 023/KS Letkol Inf TPL Simbolon, kemampuan menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap prajurit untuk memenangkan pertempuran. Kemampuan ini tidak mudah untuk mendapatkannya kecuali dengan frekuensi latihan yang memadai dan dukungan sarana serta prasarana yang dapat menjamin kelancaran pelaksanaannya.

“Kegiatan latihan menembak senjata ringan yakni pistol dan senapan SS1 merupakan program kerja wajib dilaksanakan untuk mengukur kemampuan prajurit yang diikuti oleh oleh Perwira, Bintara dan Tantama yang bertugas di jajaran Korem 023/KS, “ terang Kasiops Korem 023/KS Letkol Inf TPL Simbolon.

Masih dikatakan Kasiops Korem 023/KS Letkol Inf TPL Simbolon, untuk mencapai hasil menembak senjata ringan yang diharapkan, maka diperlukan teknik, prosedur dan urutan menembak yang benar, agar dapat mewujudkan prajurit yang memiliki pengetahuan teknis menembak senjata ringan dan kemampuan menembak senjata ringan yang baik maka latihan menembak senapan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut serta dilakukan secara profesional.

“Kegiatan latihan menembak bertujuan untuk mengasah kemampuan  militer  untuk menembak sasaran benda tidak bergerak dengan benar dan tepat sasaran pada jarak 100 hingga 300 meter dengan sikap tiarap. Selain dilakasanakan latihan senjata jenis senapan, akan tetapi juga dilaksanakan latihan menembak pistol dengan jarak 15 hingga 25 meter sikap berdiri. Dan latihan menembak senajata ringan ini dilaksanakan setiap triwulan sekali sesuai dengan program latihan yang sudah di programkan dari komando atas,” jelas Letkol Simbolon.

Sementara itu, pelatih menembak Serma Sukry menjelaskan bahwa cara menembak yang benar adalah  dengan pegangan pada senapan tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah. Dengan kedudukan senapan harus tegak lurus, tidak miring tidak goyang ke kiri atau ke kanan agar perkenaan nantinya tidak terlalu tersebar.

“Setiap penembak jangan melupakan posisi kedudukan pejera, apakah miring atau tidak letak pejera tegak lurus. Perhatikan letak tangan kiri telapak tangan pada perimbangan senjata,” kata Serma Sukry (Freddy A Pardosi/ril)