Kodim 0206/Dairi Gelar Perkemahan Saka Wira Kartika

Kodim 0206/Dairi Gelar Perkemahan Saka Wira Kartika

07/05/2018 0 By Redaktur 3

DAIRI | Komandan Kodim (Dandim) 0206/Dairi Letkol Arh Hari Purwanto membuka Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 0206/Dairi yang berlangsung selama dua hari yakni Sabtu hingga Minggu, 5 Mei hingga 6 Mei 2018.

Kegiatan Persami dipusatkan di desa Kuta Meriah, kecamatan Sukarame, kabupaten Pakpak Bharat, yang diikuti oleh 164 orang anggota Pramuka Saka Wira Kartika perwakilan Koramil jajaran Kodim 0206/Dairi. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin langsung Dandim 0206/Dairi.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto SH mengatakan bahwa TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan, dan memiliki tugas yang harus diemban sesuai dengan Undang-Undang Nomor : 34 tahun 2004 tentang TNI, pasal 7 ayat (1), yakni tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Tugas pokok dilakukan dengan cara operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang, ada 14 jenis tugas operasi militer selain perang diantaranya adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta,” jelas Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto SH.

Dandim 0206/Dairi juga menyampaikan, bahwa harus  bangga menjadi seorang anggota Pramuka Saka wira Kartika, karena menjadi anggota Parmuka bagian dari generasi muda bangsa yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna tetap terjaganya persatuan dan kesatuan NKRI.

“Kalian akan menerima berbagai ilmu baik ilmu kepramukaan maupun pembekalan fisik, mental dan pembangunan karakter pribadi dalam berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Dandim 0206/Dairi juga mengajak seluruh peserta untuk melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, ikuti semua arahan dan petunjuk pembina di lapangan dan utamakan faktor keamanan selama melaksanakan kegiatan.

“Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, materi dasar kepramukaan, out bond, kerja sama kelompok, cara memasak di hutan, cara berkemah yang baik, tali temali, sikap dasar dalam baris berbaris, yel-yel, malam kesenian, renungan suci dan api unggun serta beberapa materi lainnya,” terangnya.  (Freddy A Pardosi/ril)