Darul Mursyid Dominasi Juara OSH 2018 tingkat SMA se-Sumut

Darul Mursyid Dominasi Juara OSH 2018 tingkat SMA se-Sumut

08/05/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL | Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) tidak henti-hentinya mendulang prestasi di berbagai event olimpiade sains.

Kali ini PDM berhasil mendominasi juara pada Olimpiade Sains Hardiknas (OSH) 2018 Sumatera Utara (Sumut) tingkat SMA-sederajat yang diselenggarakan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumut tanggal 26-27 April 2018 di Medan.

Dikatakan Kepala Madrasah Aliyah (MA) Darul Mursyid, Husnil Walad MPd, ada sekitar 2.000 peserta untuk 9 cabang yang diperlombakan pada event ini, yaitu bidang studi Matematika, Ekonomi, Kebumian, Geografi, Komputer, Astronomi, Biologi, Fisika dan Kimia. Dari 9 cabang tersebut, Darul Mursyid berhasil masuk dalam peringkat 10 besar yakni sebanyak 22 orang.

Husnil merincikan, pada bidang studi Fisika berhasil meraih juara Satu atas nama Aqnan Hamid dan juara Lima atas nama Ahmad Kurniawan. Bidang studi Biologi, juara Dua atas nama Fakhri Husein dan juara Tiga atas nama Dira Anta Qari. Juara Dua bidang studi Astronomi atas nama Sultan Samsuddin dan juara Lima atas nama Faridah Zulfa. Juara Satu bidang studi Komputer atas nama M. Ikhsan Siregar, juara Tiga atas nama M. Rizkan Qintara dan juara Empat atas nama M. Rafiq Rangkuti.

Kemudian, juara Satu bidang studi Geografi atas nama Ahmad Soleman Dongoran, juara Tiga atas nama Bintang Puraga Baya, dan juara Lima atas nama Ismul Hadi. Bidang studi Kebumian yakni juara Satu atas nama Fathur Rizki, juara Dua atas nama Abu Syukri Alamsyah, dan juara Sembilan atas nama Miswar Ari Jaya.

Seterusnya di bidang studi Ekonomi, juara Dua atas nama Wahyuni Fitriah, juara Tiga atas nama Mukhlas Mahrawi, juara Empat atas nama Dimas Ferdi, juara Enam atas nama Yusril IM, dan juara Sembilan atas nama Annisa Fadilah. Terakhir bidang studi Matematika, juara Dua atas nama M. Ribhi Marbun dan juara Tiga atas nama Raja Akbar.

“Alhamdulillah dari hasil pengumuman Panitia Pelaksana OSH kali ini, kami merekapitulasi perolehan juara atau masuk dalam peringkat 10 besar yang diraih siswa-siswi PDM yakni sebanyak 22 orang untuk 9 bidang studi yang diperlombakan. Selebihnya dari sekolah lain seperti SMA Wahidin, SMA Sutomo, SMA 1 Binjai, SMAN 3 Medan, SMA S Methodist-3 dan sekolah terbaik lainnya yang ada di Provinsi Sumut,” sebut Husnil.

Pada kesempatan lain, Direktur PDM, H. Jafar Syahbuddin Ritonga DBA menyampaikan apresiasinya atas pencapaian yang dipersembahkan peserta didiknya dalam event OSH 2018 ini.

“Alhamdulillah, Darul Mursyid kembali mendapat anugerah dari Allah SWT yakni prestasi yang cukup gemilang pada OSH 2018 Sumut ini. Semoga prestasi ini menambah kesyukuran kami dan membuat kami semakin sungguh-sungguh dalam membantu mewujudkan harapan pemerintah yakni menguatkan pendidikan,” ucap H. Jafar.

Jafar yang juga Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), selaku badan pengelola PDM mengatakan, dengan perolehan prestasi pada OSH 2018 ini menjadi tolak ukur bagi PDM untuk melihat kemampuan anak didiknya di tingkat Sumut.

“OSH ini menjadi penting bagi kami karena menjadi salah satu tolak ukur bagi keberhasilan kami dalam membina dan mendidik para peserta didik kami dalam olimpiade sains di tingkat Provinsi Sumut. Apalagi event ini diikuti sekitar 2.000 peserta dari berbagai sekolah terbaik yang ada di Sumut. Semoga kedepan prestasi PDM semakin baik lagi,” pungkas H. Jafar, alumni S3 USM Penang Malaysia ini. (Borneo)