Tak Terima Dipindahkan, Juniria Adukan Plt Kadis Kesehatan Tapteng ke Polisi

Tak Terima Dipindahkan, Juniria Adukan Plt Kadis Kesehatan Tapteng ke Polisi

08/05/2018 0 By Redaktur 1

Juniria Br Hutapea bersama kuasa hukumnya Sintek Akba Simanungkalit SH.

TAPTENG | Juniria Hutapea (52) warga Desa Gonting Mahe Kecamatan Sorkam, seorang Pegawai Negeri Sipil mengadu ke Polres Tapteng hari Senin (7/5). Pasalnya, dirinya tak terima dipindahtugaskan oleh Plt. Kadis Kesehatan Tapteng, Nursyam SKM, M.Kes.

Sesuai keterangan Juniria Hutapea didampingi kuasa hukumnya Sintek Akba Simanungkalit, SH, menilai pemutasian dirinya yang sebelumnya bertugas sebagai Bidan Penyelia di Puskesmas Gonting Mahe ke Puskesmas Sibabangun sebagai Tenaga Fungsional merupakan tindakan sewenang-wenang dari Plt. Kadis Kesehatan Tapteng.

“Mutasi pegawai di lingkungan Pemkab Tapteng itu hal yang biasa Pak. Tetapi terhadap surat pemindahan saya terdapat kejanggalan. Biasanya, menyangkut pemindahan tugas itu ditandangani oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD), tetapi terhadap saya yang menandatangani hanyalah Plt. Kadis Kesehatan yakni Ibu Nursyam,” ungkap Juniria usai bersama kuasa hukumnya membuat pengaduan ke Polres Tapteng, Senin (7/5).

Sesuai Surat Penugasan tertanggal 3 Mei 2018 dengan Nomor Surat 2237/800/V/2018 disebutkan Juniria Hutapea dengan NIP : 19660601 199103 2 002 dengan Golongan : Penata Tingkat I (III/d)  dipindahtugaskan ke Puskesmas Sibabangun dari Puskesmas Gonting Mahe. Disebutkan jabatan barunya adalah Tenaga Fungsional Bidan Penyelia sementara Jabatan lamanya adalah Bidan Penyelia. Surat tersebut ditandatangani oleh Plt. Kadis Kesehatan Tapteng Nursyam,SKM,M.Kes dan ditembuskan ke Bupati Tapteng c/q Kepala BKD Tapteng sebagai laporan.

Di hadapan awak media saat konfrensi Pers, Juniria Hutapea mengaku tak pernah melalaikan tugas dan dibuktikan tidak pernah mendapatkan surat peringatan. Diakuinya, Kepala Puskesmas Gonting Mahe dr. Sarjono.B.Sinurat saat menyerahkan surat tersebut bersimpatik kepada dirinya.

“Kepala Puskesmas Gonting Mahe, Pak dr. Sarjono Sinurat saat memberikan surat ini kepada saya mengatakan, ‘saya sebenarnya tidak setuju dengan pemindahan ibu, karena selama ini kita baik-baik saja’ itu katanya pak,” cerita Juniria yang sudah menjadi PNS selama 35 tahun.

Sementara itu, Sintek Akba Simanungkalit, SH selaku kuasa hukum Juniria Hutapea menegaskan bahwa masalah yang menimpa kliennya ada unsur pidananya. Menurut hal ini adalah bentuk kesewenang-wenangan seorang oknum pejabat.

“Ini jelas sudah melanggar Pasal 421 KUHP, ancaman hukumannya, 2 Tahun 8 Bulan. Surat Pengaduan kami sudah diterima oleh Polisi dan sudah kami terima tanda buktinya,” tegas Sintek Simanungkalit, SH.

Di Pasal 421 KUHP menyebutkan “Seorang pejabat yang menyalahgunakan kekuasaan memaksa seseorang untuk melakukan, tidak melakukan atau membiarkan sesuatu, diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan,”.

Sementara itu, Plt. Kadis Kesehatan Tapteng, Nursyam, SKM,M.Kes saat dikonfirmasi melalui sambungan telephone seluler enggan memberikan tanggapan. Dirinya mengaku sedang berada di Jakarta dan harus berkordinasi dulu dengan atasannya atas pertanyaan yang diajukan RAKYAT, “Saya masih di Jakarta, sabar ya, saya harus kordinasi dulu dengan atasan saya untuk memberikan statemen,” ujarnya. (Agus Tanjung)