Pemilih Wajib Tunjukkan e-KTP atau Suket di TPS

Pemilih Wajib Tunjukkan e-KTP atau Suket di TPS

15/05/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Ketua KPU Kota Sibolga Nadzran SE menyatakan, para pemilih wajib menunjukan e-KTP atau surat keterangan (suket) di TPS saat hari pencoblosan dalam Pilkada Serentak pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang. Bila tidak, para pemilih tidak bisa memberikan hak suaranya.

“Dihari pencoblosan, pemilih harus membawa e-KTP atau suket dan C6. Tanpa e-KTP atau surat keterangan (suket), pemilih tidak boleh menggunakan hak suaranya. Dan nantinya, jika pada saat hari pencoblosan, C6 dibawa, namun e-KTP atau suket tidak dibawa, pemilih tidak boleh menggunakan hak suaranya. Bila C6 tidak dibawa, e-KTP atau suket dibawa, maka pemilih boleh menggunakan hak suaranya. Jadi basis data itu adalah data KTP elektronik,” kata Nadzran SE saat kegiatan sosialisasi Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 dengan LSM dan tokoh masyarakat di Aula Topaz Hotel Wisata Indah, Kota Sibolga, Senin (14/5/2018).

Lanjut Nadzran,  diharapkan kepada masyarakat agar menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatera Utara pada tanggal 27 Juni 2018 sehingga partisipatif pemilih meningkat.

“Tujuan KPU melaksanakan sosialisasi ini adalah untuk menyebarluaskan informasi mengenai pemilu, pertama sekali pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 yang bertujuan untuk meningkatkan partisipatif pemilu,” ucapnya.

Kemudian, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Sibolga, Salmon Tambunan S.Pd, M.Pd menyampaikan bahwa pada pilgubsu Tahun 2018 ini C6 tidak disebut lagi undangan pemilih tetapi C6 disebut surat pemberitahuan.

“Pada PKPU No 8 Tahun 2018 dipasal 7 ayat 2 disebutkan bahwa pemilih yang datang ke TPS wajib membawa e-KTP atau Suket walaupun membawa C6. Dan bila tidak ada C6, namun ada e-KTP atau Suket, maka diperbolehkan memilih, dan bila C6nya ada namun tidak ada e-KTP atau suket, masyarakat tidak dapat memilih,” jelas Salmon. (Freddy A Pardosi)