Babinsa Koramil 02/Sidikalang Latih Linmas Hadapi Pilkada Serentak 2018

Babinsa Koramil 02/Sidikalang Latih Linmas Hadapi Pilkada Serentak 2018

25/05/2018 0 By Redaktur 3

DAIRI | Babinsa Koramil 02/Sidikalang Kodim 0206/Dairi Sertu Andri dan Sertu Manalu memberikan pelatihan kepada anggota Linmas dalam rangka pengamanan pemilihan Gubernur Sumut dan Bupati Dairi di desa Pasi, kecamatan Berampu, kabupaten Dairi, Kamis (24/5/2018).

Sertu Andri didampingi menjelaskan bahwa dalam rangka mempersiapkan pengamanan tahapan pilkada serentak 2018. Dimana anggota Linmas akan dilibatkan dalam unsur pengamanan dalam tahapan pilkada serentak 2018. Apalagi anggota Linmas akan terus mengawal dari semua tahapan pilkada serentak dari mulai kantor desa sampai ke TPS yang berada di tingkat RW.

“Adapun materi yang diberikan meliputi pelatihan PBB. Kegiatan tersebut bertujuan mendidik dan melatih disiplin para Linmas tersebut sehingga anggota Linmas dapat mengimplementasikan apa yang didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Sertu Manalu.

Masih dikatakan Sertu Andri, Linmas sebagai bagian masyarakat dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat bela negara serta Linmas untuk aktif turut serta dalam menjaga ketertiban dan keamanan dalam pilkada serentak 2018.

“Babinsa merupakan unsur pelaksana Koramil yang bertugas dalam melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) diwilayah Pedesaan/Kelurahan. Babinsa juga di tuntut untuk dapat mengikuti perkembangan dalam kehidupan masyarakat serta mengambil tindakan pencegahan dan mengatasi setiap permasalahan yang muncul di tengah tengah Masyarakat Desa binaanya dalam rangka memelihara Stabilitas keamanan desanya,” jelasnya.

Sementara itu, Sersan Manalu mengatakan bahwa latihan baris berbaris bagi anggota Linmas diharapkan para anggota linmas ini memiliki sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa persatuan, rasa disiplin, dan rasa tanggung jawab serta dapat dipercaya.

“Selain itu bermanfaat untuk melatih daya konsentrasi, belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh dan belajar untuk diam dan mengatur emosi,” katanya.

Pembinaan dan pelatihan anggota linmas di desa pasi ini diikuti 45 orang dari 5 desa.   (Freddy A Pardosi/ril)