Dari 102 Orang, 85 Siswa Darul Mursyid Telah Lulus PTN

Dari 102 Orang, 85 Siswa Darul Mursyid Telah Lulus PTN

25/05/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL | Wisuda tanggal 12 Mei 2018 lalu merupakan wisuda 102 orang siswa-siswi angkatan ke-21 Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) yang beralamat di Desa Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).
Di tanggal 12 Mei 2018 itu juga telah diketahui, dari 102 orang yang diwisuda, 85 siswa-siswi telah dinyatakan lulus di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia.
Kepala Madrasah Aliyah (MA) Darul Mursyid, Husnil Walad mengatakan, mereka yang di wisuda merupakan siswa-siswi PDM yang telah terseleksi baik secara akademik maupun alami setelah melewati masa belajar selama enam tahun.
“Alhamdulillah, mereka adalah siswa-siswi PDM yang terpilih baik secara langsung atau tidak, terseleksi dari segi akademik maupun secara alami. Bukan hal yang mudah melewati masa belajar selama enam tahun, apalagi sistem boarding school di PDM ini,” ucap Husnil Walad, pekan lalu.
Husnil juga menyampaikan bahwa siswa-siswi yang dinyatakan lulus di berbagai PTN tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 85 orang yang dinyatakan lulus tersebut lewat jalur SNMPTN, SPAN, PMDK dan Undangan. Adapun PTN dimaksud adalah Universitas Pertamina, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Teknologi Sumatera (ITS), Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Telkom, Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Poltek Pos Indonesia, Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Padang (UNP), UIN Sunan Gunung Jati, Universitas Andalas (UNAND), Universitas Sriwijaya (UNSRI), Politeknik Negeri Semarang, Universitas Riau, Politeknik Lhokseumawe, UIN Palembang, UIN Antasari Banjarmasin, UIN Syarif Kasim Riau, UIN Banda Aceh, dan lainnya. Sementara 17 orang lagi masih menunggu pengumuman selanjutnya.
Pada kesempatan yang sama, Direktur PDM, H. Jafar Syahbuddin Ritonga DBA juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada siswa-siswinya, alumni ke-21 PDM.
“Selamat dan sukses bagi semua yang telah di wisuda. Bersyukurlah karena ananda semua terpilih sebagai alumni PDM, karena sungguh banyak orang yang tidak seberuntung ananda semua. Namun perjuangan belum selesai, beberapa diantara ananda sudah dinyatakan lulus di PTN. Maka saya berharap teruslah belajar dan gapailah cita-cita ananda. Semoga kedepan semakin sukses dan berkah,” ucap H. Jafar.
H. Jafar yang juga Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), badan pengelola PDM ini mengatakan bahwa siswa-siswi sangat terbantu dengan program PDM yang punya target meluluskan alumninya 100 persen ke PTN.
“Saya sudah sampaikan bahwa kewajiban dan target yang harus dipenuhi Madrasah Aliyah Darul Mursyid adalah meluluskan alumninya 100 persen ke PTN. Untuk itu, selaku Ketua Yayasan, saya dukung penuh setiap upaya-upaya untuk dapat memenuhi target tersebut,” tegasnya.
Tidak terasa, di usia PDM 25 tahun sudah 21 angkatan telah ditamatkan. Artinya, alumni PDM sudah tersebar di berbagai PTN. Hal ini menjadi kesyukuran bahwa PDM tetap eksis seperempat abad dan terus melahirkan generasi sebagai calon-calon intelektual muslim.
“Semoga ini juga bagian dari upaya dan sumbangsih bagi Indonesia dalam rangka mencerdaskan anak bangsa yang berakhlakul karimah,” tutur Jafar alumni S.3 USM Penang Malaysia ini. (Borneo)