Pangdam I/BB Minta Prajurit Berbuat Yang Terbaik dan Berprestasi

Pangdam I/BB Minta Prajurit Berbuat Yang Terbaik dan Berprestasi

05/06/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Anggota militer dan PNS Korem 023/KS, Balakaju dan Balakrem melaksanakan upacara bendera di lapangan Korem 023/KS, jalan datuk itam nomor 1 Sibolga. Danbekang  Sibolga Letkol CBA Mochtar bertindak sebagai irup, Senin (4/6/2018).

Pelaksanaan upacara bendera diikuti oleh Kasrem 023/KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, Para Kasi Korem 023/KS, para Danden dan Kepala Balakaju/Rem, seluruh Prajurit Korem 023/KS, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS.

Danbekang Sibolga Letkol  CBA Mochtar saat membacakan amanat Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Ibnu Triwidodo S.I.P mengatakan, mencermati perkembangan situasi keamanan nasional belakangan ini, dimana telah terjadi berbagai aksi teror di beberapa wilayah di indonesia, yang mengakibatkan kerugian personel baik dari aparat keamanan maupun dari masyarakat sipil.

“Beberapa rangkaian aksi teror tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap situasi keamanan, perekonomian maupun pari-wisata nasional, termasuk provinsi sumatera utara dan dikhawatirkan berpotensi mengancam kerukunan umat beragama, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” kata Mochtar.

Lanjut Mochtar, berharap kejadian teror bom bunuh diri maupun aksi teror yang lain tidak terjadi di wilayah Kodam I/Bukit Barisan. Oleh karena itu, menyikapi berbagai aksi teror tersebut, diinstruksikan kepada aparat intelijen dan aparat teritorial untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, melalui metode deteksi dini cegah dini maupun temu cepat lapor cepat terhadap perkembangan situasi di wilayah tanggung jawabnya.

“Kembangkan deteksi dini dan cegah dini di masyarakat dengan mengaktifkan siskamling, wajib lapor bagi pendatang dan giatkan pertemuan antar warga masyarakat di lingkungan masing-masing. Dan kepada para komandan satuan, lakukan langkah-langkah preventif dengan lebih mengoptimalkan fungsi dinas dalam satuan dan tingkatkan soliditas dan sinergitas TNI-Polri bersama aparat pemerintah daerah dengan segenap komponen masyarakat di wilayahnya,” ucapnya.

Masih dikatakan Mochtar, kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan yang merupakan badan pengumpul keterangan, tingkatkan kepedulian terhadap perkembangan situasi di lingkungan sekitar tempat tinggal kalian dan laporkan secara hirarki pada kesempatan pertama bila ada hal-hal yang menonjol.

“Di tengah menurunnya prestasi Kodam I/Bukit Barisan, masih ada kebanggaan yang ditorehkan para prajurit 121/Macan Kumbang yang sedang melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI-Papua New Guinea yang dipimpin oleh Letkol Inf Imir Faishal yang berhasil menemukan 3 lokasi ladang ganja di distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua,” katanya.

Sambung Mochtar, prestasi lain yang berhasil ditunjukkan  Satgas Yonif 121/Macan Kumbang yaitu menggagalkan penyelundupan 1,1 ton kulit kayu mesoyi dari Papua New Guinea di distrik Senggi, Kabupaten Keerom Papua.

“Terkait dengan hal tersebut, saya mengharapkan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam I/Bukit Barisan, untuk berbuat yang terbaik  melalui prestasi, baik di medan operasi maupun perlombaan dan bukan dengan pelanggaran saja,” ucapnya (Freddy A Pardosi/ril)