22 Juni 2018 DPC HIMNI Tapteng Laksanakan Pagelaran Budaya Nias

22 Juni 2018 DPC HIMNI Tapteng Laksanakan Pagelaran Budaya Nias

12/06/2018 0 By Redaktur 2

Dihadiri Menkumham Dan Tokoh Nasional

TAPTENG |  Didukung oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Masyarakat Nias (HIMNI) Kabupaten Tapanuli Tengah akan melaksanakan Pagelaran Budaya Nias yang akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 22 Juni 2018 mendatang.
Hal itu disampaikan oleh ketua DPC HIMNI Kabupaten Tapanuli Tengah Famoni Gulo, SH, M.Pd, C.P.L didampingi oleh ketua Panitia Samahati Lase kepada RAKYAT, Kamis (7/6) usai menjumpai ketua DPD HIMNI Provinsi Sumatera Utara Turunan Gulo.
Ketua HIMNI Tapanuli Tengah Famoni Gulö, SH, M.Pd, C.P.L didampingi ketua panitia Samahati Lase menjelaskan bahwa rencana kegiatan itu akan menghadirkan 10 ribu orang masyarakat dari etnis Nias dan menampilkan berbagai seni budaya etnis Nias, seperti Tari Maena, Tari Baluse, Hombo Batu (Lompat Batu) Tari moyo, Fangowai, Fame Afo, dan lain sebagainya. Kegiatan itu akan menghadirkan tokoh tokoh Nasional Etnis Nias di pusat seperti Menkumham Dr. Yasonna H. Laoly, SH.MSi, PhD, mantan Pangdam Jayapura Mayjend TNI (Purn) Drs. Christian Zebua, MM dan tokoh tokoh lainnya.

Panitia Bersama DPC HIMNI Tapteng Saat Kordinasi dengan Ketua DPD HIMNI Sumut Turunan Gulö, SP, M.SP

“Ini rencana akbar, untuk menampilkan seni budaya suku Nias, sebagai salah satu program DPC HIMNI Tapteng untuk menjalin silahturahmi antar sesama masyarakat Nias yang ada di kabupaten Tapanuli Tengah dan Sibolga dan sekitarnya dengan tokoh masyarakat yang ada di Jakarta,” paparnya.
Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mendukung penuh rencana DPC HIMNI Tapteng untuk melaksanakan pagelaran seni budaya etnis Nias sekaligus pelantikan PAC dari masing masing kecamatan yang rencana dilaksanakan bulan Juni mendatang.
Hal itu disampaikan oleh Bakhtiar Ahmad Sibarani saat menerima Audiensi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (2/5).
“Saya apresiasi dengan terbentuknya kepengurusan DPC HIMNI Tapteng yang baru, semoga pengurus HIMNI yang baru dapat meningkatkan kinerja dan semakin memajukan HIMNI agar lebih baik lagi. Mari bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan kabupaten Tapanuli Tengah dengan masyarakat yang berbudaya dan lebih maju lagi,” kata Bakhtiar.
Bakhtiar Ahmad Sibarani menambahkan, bahwa mengembangkan seni budaya setiap etnis yang ada di lingkungan masyarakat kabupaten Tapanuli Tengah merupakan bagian dari visi misi pemerintah kabupaten Tapanuli Tengah, sehingga rencana DPC HIMNI Kabupaten Tapanuli Tengah untuk melaksanakan Pagelaran Seni Budaya Etnis Nias di Tapanuli Tengah sejalan dengan program programnya dalam membangun Kabupaten Tapanuli Tengah.
“Saya sanga mendukung, karena ini adalah kegiatan yang sangat baik dan positif untuk meningkatkan tali silahturahmi dan persaudaraan diantara sesama masyarakat Tapteng. Untuk itu sebagai Bupati Tapteng saya turut mengundang seluruh warga Kabupaten Tapanuli Tengah terlebih dari suku Nias agar hadir dalam acara tersebut ,” ujarnya. (Petrus Gulo)