Trio Letar Meriahkan Pagelaran Seni Budaya Nias di Tapteng

Trio Letar Meriahkan Pagelaran Seni Budaya Nias di Tapteng

12/06/2018 0 By Redaktur 2
TAPTENG | Pagelaran Seni Budaya Nias di Kabupaten Tapanuli Tengah yang akan dilaksanakan oleh Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) pada Hari Jumat tanggal 22 Juni 2018 mendatang akan dimeriahkan oleh Artis Artis dari Daerah Nias.
Hal itu dikatakan oleh Ketua Panitia Pagelaran Seni Budaya Nias dan Pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) HIMNI Samahati Lase kepada RAKYAT, Senin (11/6). Dia menyebutkan bahwa acara pagelaran seni budaya Nias itu akan dirangkai dengan pelantikan PAC HIMNI dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaen Tapanuli Tengah.
“Acara pagelaran Seni Budaya Nias ini akan kita laksanakan besar besaran, skala Nasional. Dengan tujuan memperkenalkan Budaya Nias kepada khalayak ramai. Nah untuk itu, selain karya karya seni dan budaya, tentu kita juga akan menampilkan sedikit hiburan yaitu denan menampilkan Musisi Musisi ternama dari Daerah Nias.” Ujarnya.
Salah satunya dengan menampilkan Trio Letar. Trio Letar akan turut serta memeriahkan pagelaran Seni Budaya Nias. Mereka diantaranya Ebenman Waruwu, Piterman Waruwu, Jepri Waruwu dan pemain musik Sorani Ndraha. Trio Letar ini adalah trio yang saat ini cukup ternama di kalangan artis daerah Nias.
“Jadi kami mengharapkan kehadiran kita semua khususnya masyarakat Nias yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, mari kita tunjukan seni Budaya kita,” ajak Samahati.
Ketua HIMNI Tapanuli Tengah Famoni Gulö, SH, M.Pd, C.P.L didampingi ketua panitia Samahati Lase menjelaskan bahwa rencana kegiatan itu akan menghadirkan 10 ribu orang masyarakat dari etnis Nias dan menampilkan berbagai seni budaya etnis Nias, seperti Tari Maena, Tari Baluse, Hombo Batu (Lompat Batu) Tari moyo, Fangowau, Fame Afo, dan lain sebagainya.
“Ini rencana akbar, untuk menampilkan seni budaya suku Nias, sebagai salah satu program DPC HIMNI Tapteng untuk menjalin silahturahmi antar sesama masyarakat Nias yang ada di kabupaten Tapanuli Tengah dan Sibolga dan sekitarnya dengan tokoh masyarakat yang ada di Jakarta,” paparnya.
Dalam acara itu akan hadir tokoh tokoh Nasional seperti Mentri Hukum dan Hak Azasi Manusia RI Dr Yasonna H. Laoly, SH, M.Sc,  Kepala Bidang Fiskal Kementerian Keuangan RI Prof. Dr Suahasil Nazara, Ketua DPP HIMNI/Angota DPR RI Marinus Gea, SE, M.Ak, Ketua DPD HIMNI Sumut Turunan Gulö, SP, M.SP, Ketua MPO HIMNI, Ketua Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias/ Mantan Pandang, Mayjen (Purn) Drs Christian Zebua, MM,  Hakim Agung RI, Brigjend (Chk) Hidayat Manaö, SH, MH, Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang di BNN RI Brigjend Pol Bahagia Dakhi, Guru besar Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Fakhili Gulö, M.Si. (Perus Gulo)