Panwas, Dishub Dan Satlantas Polres Sibolga Akan Razia Kendaraan ber-APK

25/06/2018 0 By Redaktur 2

SIBOLGA | Memasuki masa Tenang yakni sejak Minggu 24 Juni 2018, Panitia Pengawasan Pemilihan Kota Sibolga menghimbau agar seluruh alat kampanye ditertibkan. Tanpa terkecuali APK yang ada di kendaraan seperti tenda tenda yang ada di becak yang memiliki gambar pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Panwaslih Darwis Sufrianto Sibarani S.Sos didampingi komisioner Panwaslih lainnya Zulkifly Sigalingging SE dan Hervisani Hutagalung ST kepada RAKYAT, Minggu (24/5) usai melaksanakan Apel Siaga Patroli Pengawasan Penertiban  Alat peraga Kampanye Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sumut se Kota Sibolga.
“Kami menghimbau kepada semua parbetor atau abang becak khususnya yang masinh menggunakan tenda tenda becak yang memuat gambar dan nomor urut pasangan calon baik itu nomor urut 1 maupun nomor urut 2 agar tidak menggunakannya lagi hingga selesai pelaksanaan Pilgubsu tanggal 27 Juni 2018. Karena kami juga nanti bersama dengan Dinas perhubungan kota Sibolga dan Satlantas Polres Sibolga akan melaksanakan razia kendaraan yang masih memiliki APK, khusuanya betor yang masih menggunakan tenda tenda APK. Namun jangan khawatir, kami bukan merazia surat surat kendaraan, hanya razia APK,” kata Zulkifly sigalingging, SE.
Zulkifly menambahkan bahwa Sejak Minggu 24 Juni 2018 seharuanya Tim Pemenangan paslon sudah melakukan penertipan terhadap APK APK yang telah tersebar. Hal itu sesuai dengan PKPU no 4 Tahun 2018.
“Apabila pasangan paslon tidak melakukan penertipan,  maka kita selaku Panwaslih bekerja sama dengan pihak kepolisian dan satpol PP untuk melakukan penertipan,” ujarnya.
Darwis Sufrianto Sibarani menegaskan pihaknya memastikan bahw apertanggal 26 Juli 2018, APK sudah bersih dari kota Sibolga.
“Jadi sesuai dengan Jadwal kita, Senin 25 Juni 2018 pukul 13.00 WIB dilaksanakan apel persiapan penertipan APK, kemudian langsung melaksanakan penertipan APK yang masih membandel dan belum ditertibkan oleh Tim Pemenangan Paslon,” ujarnya
Soal pelanggaran, Darwis Sufrianto mengatakan bahwa sampai saat ini belum menerima laporan terkait pelanggaran pada pilgubsu di kota Sibolga ini.

“Namun kami menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Sibolga, mari kita bekerja sama mengawasi jalannya proses Pilgubsu ini dengan baik. Ini sudah memasuki masa tenang. Jika ada menemukan pelanggaran agar segera melaporkan kepada kami atau ke Gakumdu. Maka akan Segera kami proses,” Ujarnya. (Perus Gulo)

Foto : Ketua Panwaslih Kota Sibolga Darwis Sufrianto Sibarani S.Sos didampingi komisioner Panwaslih lainnya Zulkifly Sigalingging SE dan Hervisani Hutagalung ST saat memberikan keterangan Persnya usai Apel Kesiapan Patroli penertipa. APK Pikgubsu 2018 di kota Sibolga