Babinsa Koramil 06/ MT Dampingi Petani Panen Jagung

Babinsa Koramil 06/ MT Dampingi Petani Panen Jagung

17/07/2018 0 By Redaktur 3

KARO | Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 06/MT Komando Distrik Militer (Kodim) 0205/TK Serma Edy Kurniawan melaksanakan panen jagung dengan kelompok “Tani Bungancole” di desa Munte, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Senin (16/7/18).

Babinsa Koramil 06/MT Serma Edy Kurniawan merasa sangat senang dengan hasil panen petani, sejak saat tanam jagung petani tidak pernah kesulitan dalam memperoleh pupuk ataupun obat obatan.

“Hal ini tentunya berkat pendampingan Babinsa dalam upaya khusus mensejahterakan para petani guna mendukung program pemerintah tentang swasembada pangan khususnya Padi, Jagung dan Kedelai,” jelasnya.

Lanjut Edy, umur panen pada tanaman jagung tergantung pada jenis dan varietasnya. Namun ada beberapa ciri khusus yang menandakan jagung yang telah siap panen yaitu kulit penutup jagung (kelobot) berwarna putih kecoklatan dan bila ditekan menggunakan kuku biji jagung yang sudah siap panen tidak meninggalkan bekas.

Edy juga menjelaskan bahwa sebelum dipanen, kelobot buah jagung dikupas dan dipangkas bagian atasnya sehingga yang tersisa di pohon adalah buah jagung yang masih berkelobot tetapi telah dikupas. Tujuannya untuk mempercepat proses pengeringan jagung. Setelah beberapa hari di pohon dan bijinya telah mengering barulah dilakukan pemetikan.

“Saya dengan kelompok “Tani Bungancole” di  desa Munte, Kecamatan Munte  bersama-sama melakukan pemetikan dengan penuh semangat mengingat hasil panen kali sangat memuaskan,” ucapnya.

Sambung Edy, pemetikan buah jagung yang dilakukan dengan memetik buahnya saja bertujuan untuk lebih mudah diangkut menggunakan keranjang ataupun karung. Setelah selesai buah jagung yang telah dikemas dalam karung, diangkut dengan menggunakan sepeda motor.

“Sesampainya di rumah, jagung yang masih berupa tongkolan langsung dijemur untuk mengantisipasi adanya biji yang belum kering,” katanya.(Freddy A Pardosi/rel)