Kodim 0211/TT Gelar Lomba Karikatur dan Melukis

Kodim 0211/TT Gelar Lomba Karikatur dan Melukis

26/07/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Komando Distrik Militer (Kodim) 0211/TT menggelar program Komunikasi Sosial Kreatif (Komsos Kreatif) Tahun Anggaran 2018 melalui lomba karikatur dan melukis. Perlombaan tersebut dibuka oleh Dandim 0211/TT Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu di Aula Makodim, Rabu (25/07/2018). Komsos kreatif mengambil Tema “Melalui Kemanunggalan TNI- Rakyat, Memperkokoh Kedaulatan NKRI”.

Dandim 0211/TT Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu didampingi Perwira Seksi Intelijen (Pasintel) Kodim 0211/TT, Lettu CHB Mahmud Efendy Lubis di sela-sela pelaksanaan lomba, menyampaikan bahwa Komsos kreatif merupakan sebagai ajang silaturahmi sesama anak bangsa dengan Kodim 0211/TT khususnya. Dalam hal ini, TNI AD juga ingin menggali potensi anak bangsa, sehingga bakat dan kreatifitasnya dapat kita kembangkan. Serta tentunya, akan menjauhkan generasi penerus dari dampak buruk perkembangan era globalisasi ini

“Dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi. Yakni, tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa. Dan dengan kegiatan ini, diharapkan Pemuda/i khususnya Pelajar di wilayah Kota Sibolga dan Kabupaten Tapteng, akan semakin cinta dan bangga kepada tanah air,” terang Jimmy.

Masih diakatakan Jimmy, perlombaan Karikatur dan melukis dilaksanakan 2 hari, yaitu 25- 26 Juli. Ada sekitar 37 Sekolah yang berasal dari SLTP dan SLTA sederajat yang mendaftar. Untuk tingkat SLTP sederajat, seperti, SMP Negeri 1 Pinangsori, SMP Negeri 3 Badiri, SMP Negeri 6 Sibolga, SMP Negeri 2 Sibolga, SMP Fatimah Sibolga, SMP Negeri 1 Sorkam Barat, SMP Tri Ratna serta SLTP sederajat lainnya.

“Sementara untuk pelajar SLTA sederajat, berasal dari SMK Negeri 1 Sibolga, SMA Negeri 2 Sibolga, SMK Negeri 3 Sibolga, SMA Katolik Sibolga, SMA Negeri 1 Badiri, SMA Fransiskus, MAN Pandan, SMA Tri Ratna serta SLTA sederajat lainnya,” ucapnya.

Jimmy juga menyampaikan, dalam pelaksanaan perlombaan ini, pihak penyelenggara Kodim 0211/TT mendatangkan tim Juri, yang terdiri dari Syahrial Alamsyah Simatupang S.Pd dari SMK Negeri 1 Badiri, Martahan Situmorang S.Pd dari SMA Negeri 1 Tukka dan Indra Hutauruk S.Pd dari SMA Negeri 1 Sorkam Barat.

“Dengan giat Komsos, kita ingin tetap mempererat silaturahmi dengan seluruh elemen masyarakat. Sehingga Manunggal TNI- Rakyat tetap terjalin dan terpelihara dengan baik, demi tetap Kokohnya Kedaulatan NKRI,” jelasnya.

Sambung Jimmy, masing-masing juara, pihak Kodim 0211/TT juga telah menyiapkan hadiah yang cukup menarik untuk perlombaan karikatur dan melukis. Juara 1 akan mendapat Laptop Merk Toshiba, Juara 2 akan mendapat hadiah Sepeda Gunung, Juara 3 berhak mendapat Sepeda BMX, Sementara untuk Juara Harapan I akan memperoleh hadiah Jam Tangan Android.

“Melalui perlombaan ini, kita akan menjaring bakat- bakat seni dan kreatifitas dari generasi penerus. Selanjutnya bagi para juara akan kita persiapkan untuk event- event kejuaraan yang lebih besar lagi. Yakni seperti Kejuaraan tingkat Korem, Kodam bahkan tingkat Mabes TNI- AD,” kata Jimmy, Pemegang tongkat Komando Kodim 0211/TT yang juga Perwira yang pernah menjabat sebagai Ketua Tim Penanggulangan Teroris (Tim Gultor) di Batalyon 412 Raiders Kostrad itu. (Freddy A Pardosi)