Lanal Sibolga Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran & Penggunaan Alat Tangkap Ramah Lingkungan Ke Nelayan

Lanal Sibolga Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran & Penggunaan Alat Tangkap Ramah Lingkungan Ke Nelayan

05/08/2018 0 By Redaktur 3

TAPTENG | Guna mengingatkan masyarakat nelayan dalam melaksanakan aktivitasnya di laut, Lanal Sibolga menggelar sosialisasi keselamatan pelayaran dan penggunaan alat tangkap ramah lingkungan kepada para nelayan, di Kelurahan Lubuk Tukko Kabupaten Tapanuli Tengah, Jum’at (3/8/018).

Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto K, S.T usai sosialisasi menyampaikan bahwa kegiatan Komunikasi Sosial (komsos) saat ini merupakan bukti terpeliharanya hubungan tradisional sebagai contoh bersinergi dengan Babinkamla di Pos Angkatan Laut terkait segala perkembangan dan info aktual yang terjadi di laut sebaliknya juga mampu responsif terhadap segala yang menjadi permasalahan Masyarakat Maritim/Pesisir serta aktif mencari solusinya, membangun kehidupan Rakyat disegala aspeknya termasuk dalam bidang ekonomi, sosial kemasyarakatan bahkan juga dalam hal pelestarian lingkungan hidup.

“Inilah saatnya memalingkan pandangan kelaut untuk mewujudkan cita-cita Nasional menjadi “Poros Maritim” dunia yang semua itu hanya mampu diwujudkan apabila TNI Angkatan Laut dan Rakyat bersinergitas bahu membahu supaya kegiatan ini semakin meningkat dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” terang Fajar.

Masih dikatakan  Fajar, cuaca di wilayah perairan barat ini sangat ekstrim, beda dengan di wilayah timur. Untuk itu agar tidak terjadi kecelakaan di laut maka kita melakukan komunikasi sosial (Komsos) dengan nelayan.

“Dan selain itu juga para nelayan kami ingatkan untuk tetap mempergunakan alat tangkap ramah lingkungan,” ucapnya.

Lanjut Fajar, alat-alat yang ramah lingkungan telah diatur dalam Permen KP 02 Tahun 2015, sehingga nelayan diharapkan agar menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Alat tangkap yang tidak ramah lingkungan diantaranya penggunaan trawl dan bahan peledak atau bom ikan. Kalau nelayan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan maka ekosistem dan biota laut akan rusak,” katanya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut yakni Danramil 03 Pandan Kapten A Sirait, Kasatpol Airud AKP Jalanak, Kadisnav Sibolga Capt Jacobus, Dandenpomal Lanal Sibolga Kapten Laut (PM) Hartono, Pasintel Lanal Sibolga Kapten Laut (P) Aris Alfatah, Dan Unit Intel Lanal Sibolga Lettu Laut (E) S. Kristanto, Dan Kal Mansalar II.2.04 Lettu Laut (P) A. Adi, Para Danpatkamla, Danpos Lanal Sibolga dan Personel Potmar Lanal Sibolga, Perwakilan PPN Sibolga Jamsen Manurung S.E, Perwakilan Disnav Kelas III Sibolga Leo L Gultom, Perwakilan Kanim Sibolga Raroc Reanda P, Perwakilan PSDKP Sibolga Boris F E, Perwakilan KSOP Sibolga Purwadi Herianto dan Raslan Siahaan, Perwakilan Basarnas M. Lubis dan M. Rio F.S, Lurah Lubuk Tukko Baru Tasbih S, Lurah Hajoran Indah Firman Harahap, dan Masyarakat Nelayan Lubuk Tukko Baru. (Freddy A Pardosi)