Danlantamal II Tutup TMMD ke-102 di Tapteng

Danlantamal II Tutup TMMD ke-102 di Tapteng

09/08/2018 0 By Redaktur 3

TAPTENG | Komandan Pangkalan Utama TNI- AL (Danlantamal) II Padang menutup secara resmi Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 di wilayah Kodim 0211/TT. Upacara penutupan digelar di Lapangan Sepak Bola Lumut, Jalan Sibolga-Padang Sidimpuan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (8/8/2018).

Danlantamal II, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman M.Sc saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan bahwa Pembangunan wilayah desa, yakni salah satu upaya mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran. Titik fokus pembangunan nasional ini, untuk mewujudkan kestabilan dan kemajuan Indonesia secara keseluruhan,” ujar

“Guna mencapai sasaran fisik, TNI berupaya menjawab permasalahan infrastruktur jalan, fasilitas umum serta rendahnya kualitas hidup masyarakat di desa-desa terpencil atau terisolir,” jelasnya.

Masih dikatakan Agus, diharapkan upaya ini dapat menjadi pemicu atau pendorong semangat masyarakat untuk terus maju dan berkembang. Masyarakat juga diminta untuk lebih jeli dan waspada terhadap bahaya-bahaya yang berdampak negatif bagi lingkungan. Serta membentuk kehidupan yang rukun di tengah perkembangan dunia yang semakin modern.

“Kita berharap, pada akhirnya hal ini akan menguatkan Imunitas Bangsa. Serta membentuk karakter generasi muda kita, sebagai generasi milenial yang berdaya saing tinggi,” katanya.

Agus juga menyampaikan, pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat UU TNI Nomor 34 Tahun 2004. Yakni, memberdayakan wilayah pertahanan secara dini, sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta.

“Oleh karena itu, TNI berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat. Dan mewujudkan kemanunggalan TNI- Rakyat sebagai kekuatan pertahanan,” ucapnya.

Lanjut Agus, sejarah perjuangan bangsa membuktikan, lanjut orang nomor satu Lantamal II Padang, TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat dalam merebut kemerdekaan.

“Sampai kapanpun, Roh TNI adalah rakyat. Karena tanpa rakyat, TNI bukanlah apa-apa,” tegas Perwira lulusan AAL Tahun 1986 tersebut.

Agus juga mengatakan, sejumlah pesan dan harapannya. Pertama, pertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI- Rakyat. Kedua, tingkatkan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. Ketiga, memelihara hasil program TMMD ke- 102, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

“Keempat, kepada para Dansatgas TMMD ke-102, agar melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD,” katanya.

Sambung Agus, kepada para Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD agar segera kembali ke induk pasukan masing- masing. Tentunya dengan memperhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan.

“TNI Manunggal Membangun Desa ke- 102 TA 2018 ini, secara resmi saya nyatakan ditutup.” Pungkasnya.

Sementara itu, Dansatgas TMMD ke-102 Kodim0211/TT, Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu menyampaikan, pelaksanaan TMMD di Desa Toga Basir dan Desa Sialogo, Kabupaten Tapteng berjalan baik dan lancar.

“Sasaran pembukaan badan jalan baru sepanjang 4,750 meter dengan lebar 8 m, Pembuatan Jembatan 9 unit, rehab rumah ibadah dan pembangunan MCK, selesai 100 persen,” ucap Dandim 0211/TT, Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu.

Hadir pada kegiatan penutupan tersebut, yakni Danrem 023/KS Kolonel Inf Mohammad Fadjar MPICT, para Dandim Jajaran Korem 023/KS dan para Kasi Korem 023/KS. Hadir juga, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto Kurniawan S.T, Dansatradar 234 Sibolga Mayor Lek Alfred Eisener Anes, Kapolres Tapteng, Bupati Tapteng Bachtiar Ahmad Sibarani, sejumlah Anggota DPRD Tapteng, Basarnas, tokoh masyarakat, tokoh agama, PC FKPPI 0211/TT, Pelajar, Mahasiswa, dan ratusan warga. (Freddy A Pardosi)