PLTA Batangtoru Sosialisasikan Program Kerja kepada Masyarakat

PLTA Batangtoru Sosialisasikan Program Kerja kepada Masyarakat

11/08/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batangtoru di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dapat lebih berkembang apabila dalam operasinya selalu menjaga lingkungan.
“Karena PLTA Batangtoru bergantung pada kelestarian alam dimana tempat beroperasi,” ucap DR Agus Djoko Ismanto mewakili PLTA Batangtoru pada acara Sosialisasi Kegiatan dan Program Kerja PLTA Batangtoru kepada masyarakat, bertempat di aula Pondok Pesantren KH. Ahmad Basir, Parsariran, Kecamatan Batangtoru, Kamis (9/8) lalu.
Dikatakan DR Agus dihadapan peserta sosialisasi yaitu Kepala Desa (Kades) dan Kepala Dusun (Kadus) dari Kecamatan Batangtoru, Muara Batangtoru dan Angkola Sangkunur, PLTA Batangtoru beroperasi di luar kawasan hutan dalam arti berada pada Areal Penggunaan Lain (APL).
“Tidak benar jika ada pihak yang menyebutkan PLTA Batangtoru berada pada hutan primer dan hutan konservasi (cagar alam),” ujar DR Agus.
Kemudian, terang Agus, PLTA Batangtoru mempunyai kebijakan jasa ekosistem dan biodiversitas dalam bentuk mengurangi dampak dengan menerapkan hirarchi, menghormati areal lingkungan, mengelola lingkungan dengan standar IFC Nomor 6, bekerjasama dengan masyarakat lokal dan stake holder untuk restorasi nilai-nilai biodiversitas.
Lebih lanjut ditegaskannya, PLTA Batangtoru mempunyai kebijakan anti illegal logging (pembalakan liar), poacing dan hunting (perburuan satwa liar), dan semua staf di didik dan dilatih untuk itu.
“PLTA Batangtoru juga tidak akan mentolerir dan akan menindak tegas berupa pemberhentian bagi staf yang terbukti merusak lingkungan, dan tidak akan pernah diterima dikemudian hari. Tindakan ini sebagai bagian dari bentuk komitmen perusahaan untuk menjaga lingkungan,” tegasnya.
Sehingga, ia berharap dan mengajak seluruh masyarakat Tapsel untuk bersama-sama mendorong percepatan pembangunan PLTA Batangtoru yang irit lahan tersebut.
Diutarakannya bahwa PLTA Batangtoru melayani disaat krisis. PLTA Batangtoru hadir mengatasi krisis listrik yang membayangi Sumut dan sekitarnya.
“Keberadaan PLTA Batangtoru nantinya tidak hanya bagi masyarakat Sumut, tapi juga mampu membantu suplai listrik provinsi tetangga,” pungkasnya.
Hadir pada sosialisasi tersebut yakni Kapolsek Batangtoru, AKP Daulat Z. Harahap, Camat Batangtoru, Muara Batangtoru, Angkola Sangkunur. (Borneo)