Siswa Darul Mursyid Dominasi Utusan Sumut ke KSM 2018 Nasional

Siswa Darul Mursyid Dominasi Utusan Sumut ke KSM 2018 Nasional

11/08/2018 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Siswa Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) yang beralamat di Desa Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mendominasi utusan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ke Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2018 tingkat Nasional di Bengkulu tanggal 17 September hingga 21 September 2018 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Madrasah Aliyah (MA) Darul Mursyid, Husnil Walad, pekan lalu.

Masih dikatakan Husnil, ada enam orang siswa PDM yang dinyatakan lolos seleksi KSM ke tingkat Nasional, yakni Khairunnisa Nasution untuk bidang studi IPA tingkat MTs, Muhammad Ribhi Marbun, Raja Akbar dan Swandi Hamzah untuk bidang studi Matematika tingkat Aliyah. Fakhri Husein untuk bidang studi Biologi dan Ahmad Soleman untuk bidang studi Geografi.

“Alhamdulillah kami mendapat informasi dari Panitia bahwa ada enam orang siswa PDM yang akan menjadi utusan Provinsi Sumut ke KSM tingkat Nasinal nanti. Karena disamping empat siswa PDM yang juara satu bidang studi, juga ditambah dua orang lagi dinyatakan lolos dilihat dari hasil passing grade. Kami bersyukur, mudah-mudahan ini bisa menambah peluang bagi kami meraih prestasi di tingkat Nasional nanti,” ucap Husnil.

Husnil juga menjelaskan, secara keseluruhan jumlah peserta utusan Sumut untuk semua tingkatan baik MIN, MTs dan MA sebanyak 16 orang. Namun, bila dibandingkan dengan sekolah lain, PDM masih mendominasi. Diantara sekolah yang siswanya juga lolos ke KSM tingkat Nasional adalah MTsN Tanjung Balai,  MTs S Nurul Falah Tarutung, MAS Ibnu Sina Siantar, MAN Kabanjahe, MAN Rantau Prapat, MAN 2 Tanjung Pura, MAS Yaspend Muslim.

“Dari 16 peserta KSM yang dinyatakan lolos ke tingkat nasional di semua tingkatan (MIN, MTs dan MA), PDM mendominasi. Bahkan dari Tapsel hanya PDM yang mewakili. Alhamdulillah, kesyukuran bagi kami, mudah-mudahan kami bisa mempersembahkan yang terbaik,” pungkas Husnil.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PDM, Jafar Syahbuddin Ritonga DBA menyambut baik kabar terbaru atas hasil KSM 2018 tingkat Provinsi Sumut ini.

“Syukur alhamdulillah, sebanyak enam orang siswa kami akan bertanding ditingkat Nasional nanti. Mudah-mudahan mereka dapat mempersembahkan prestasi terbaik demi nama baik Sumut di kancah Nasional,” ucap Jafar.

Jafar Syahbuddin yang juga merupakan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), badan pengelola PDM menambahkan bahwa, PDM bukan cuma kali ini lolos ke KSM tingkat Nasional. Bahkan KSM Nasional tahun 2016 di Pontianak, siswa PDM telah berhasil meraih 1 Emas, 2 Perak dan 3 Perunggu, serta KSM Nasional tahun 2017 di Yogyakarta siswa PDM berhasil meraih 2 Perak.

Jafar berharap tahun ini prestasi PDM akan lebih meningkat lagi dari tahun-tahun sebelumnya. “Maka, tahun ini saya berharap PDM bisa kembali mengharumkan nama Sumut dan tentunya nama PDM di kancah Nasional. Mohon do’anya,” pungkas Jafar Syahbuddin, lulusan S3 USM Penang Malaysia ini. (Borneo)