Danrem 023/KS Buka Temu Saka Pramuka Se-wilayah Korem 023/KS Tahun 2018

Danrem 023/KS Buka Temu Saka Pramuka Se-wilayah Korem 023/KS Tahun 2018

26/08/2018 0 By Redaktur 3

TAPTENG | Komandan  Korem 023/KS (Danrem) Kolonel  Inf Mohammad Fadjar MPICT membuka secara resmi kegiatan temu saka pramuka Se-wilayah Korem 023/KS Tahun 2018 , di Lapangan Pakir Tempat Wisata Air Terjun Sihobuk, Desa Nalmbok, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jum’at (24/8/2018).

Kegiatan temu saka pramuka Se-wilayah Korem 023/KS Tahun 2018 berlangsung selama 3 (tiga ) hari dengan tema “Pembinaan Gerakan Pramuka Sebagai Perekat NKRI“.

Dalam kegiatan tersebut Danrem 023/KS dalam sambutanya menyampaikan bahwa tujuan  kegiatan temu saka pramuka adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan pembinaan gerakan Pramuka yang dilaksanakan oleh satuan Komando Kewilayahan Se-wilayah Korem 023/KS, khususnya peran serta dalam pembinaan generasi muda.

“Sasaran kegiatan adalah untuk meningkatkan kesadaran bela negara khususnya pelajar tingkat SMU sederajat, menumbuhkan sikap mental bagi generasi muda sebagai warga negara Indonesia yang berkarakter. Dan terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki pengetahuan, keterampilan, disiplin dan kesadaran bela negara,” kata Fadjar.

Lebih lanjut Danrem 023/KS berharap kepada seluruh peserta, agar meningkatkan kesadaran bela negara khususnya di lingkungan pelajar tingkat SMU sederajat dalam wadah gerakan pramuka sehingga dapat menumbuhkan dan memelihara sikap mental yang baik bagi generasi muda sebagai warga negara Indonesia yang berkarakter dan terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki pengetahuan, keterampilan, disiplin dan kesadaran dalam bela negara.

“Kita harus sadar bahwa kemerdekaan yang kita peroleh ini, diperjuangkan dengan tetesan darah dan air mata. sebagai generasi penerus, segenap anggota Pramuka bersama-sama seluruh komponen bangsa di tanah air, berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat,” jelasnya.

Masih dikatakan Fadjar, kalau itu semua mampu di wujudkan, maka tepatlah tema yang diusung pada upacara pembukaan temu saka pramuka kali ini yaitu “Pembinaan Gerakan Pramuka Sebagai Perekat NKRI“.

“Hal ini yang kita inginkan untuk membangun generasi muda yang memiliki karakter, bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya dan luhur budi pekertinya. Generasi muda seperti inilah yang diharapkan dapat meneruskan cita-cita luhur bangsa ini,” ucapnya.

Diakhir amanatnya Danrem mengatakan melalui kegiatan temu saka pramuka ini, marilah menggelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu. “Perjuangan di masa sekarang bukan lagi perjuangan fisik seperti di masa lalu, tetapi perjuangan untuk membangun bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Materi kegiatan, temu saka pramuka Se-wilayah Korem 023/KS Tahun 2018 terdiri dari Kegiatan yang dilombakan yakni Peraturan baris berbaris (PBB),  Pionering (membuat menara pandang), dan  Pentas Seni (tari daerah yang sudah dimodifikasi). Sedangkan kegiatan yang tidak dilombakan yani Mountenering (peluncuran dan turun tebing), Navigasi darat (kompas siang), Wawasan kebangsaan (ceramah tentang bela negara/cinta tanah air) dan Outbond (Teamwork).

Untuk logistik dan transpormasi peserta atau pendamping didukung oleh masing masing kabupaten/Kota. Sementara Logistik untuk penyelenggara dan pendukung  tanggungjawab oleh Panitia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Para Bupati jajaran Korem 023/KS atau yang mewakili, Para Dandim, Danyon 123/RW jajaran korem 023/KS atau yang mewakili, Kapolres Sibolga, Kapolres Tapteng, Kapolres Taput, Kapolres Padang Sidempuan atau yang mewakili, Para kasi, dan kabalak aju  korem 023/KS, Kadis Pendidikan Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Kadis Kesbangpolinmas Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli tengah, Kadis Pemuda Dan Olah Raga Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Direktur Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Sumut, atau yang mewakili, Ketua kwarcab Se-wilayah korem 023/KS, Ketua FKPPI Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Ketua PPM Kota Sibolga dan Kabupaten Tapteng, tokoh agama, tokoh masyarakat Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, serta peserta 621 orang dan 55 orang pendukung. (Freddy A Pardosi/rel)