Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 04/SDH Bantu Petani Tanam Padi

Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 04/SDH Bantu Petani Tanam Padi

04/09/2018 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari Koramil 04/SDH Kodim 0212/TS Serka Ahmad Danil turun langsung ke sawah  untuk membantu  kelompok tani (poktan)  “Maju Bersama” menanam padi dengan Anggota PPL (Penyuluh Pertanian lapangan) dan KCD (Kepala Cabang Dinas ), dan turut dihadiri Kepala Desa Banua Dongoran Siregar di Desa Banua, Kecamatan  Sipagimbar, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sabtu (1/9/2018).

Komandan Kodim 0212/TS Letkol Arm Azhari, mengatakan bahwa kegiatan ke sawah wajib dilaksanakan babinsa untuk membantu pemerintah dalam  mewujudkan program pemerintah untuk menyukseskan swasembada pangan di wilayah kerja teritorial masing-masing.

”Selain menanam padi, Babinsa juga harus mengawasi jangan sampai ada lahan atau sawah yang tidak ditanami sehingga nantinya dengan cara ini swasembada pangan dapat tercapai maka ketahanan nasional akan semakin kuat dengan didukungnya ketahanan pangan yang kuat pula,” kata Azhari, orang nomor satu di Kodim 0212/TS.

Masih dikatakan Azhari, dalam pelaksanaan tugasnya babinsa wajib  membantu masyarakat di daerah binaannya sesuai dengan kemampuannya. “Sehingga dalam proses penanam padi dapat dilakukan dengan baik agar manghasilkan kualitas padi yang bagus,” ucapnya.

Sementara itu, Serka Ahmad Danil  mengatakan, peran Babinsa dalam kegiatan akan menambah semangat petani para dalam bekerja. “Upaya-upaya turun langsung  inilah yang dilakukan para Babinsa Koramil 04/SDH Kodim 0212/TS  demi untuk mensukseskan swasembada pangan di Indonesia,”ujarnya.

Lanjut Danil, Babinsa selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, terutama dalam pendampingan dalam program swasembada pangan. “Keberadaan Babinsa adalah sebagai motor penggerak kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masayarakat,”ucap  Serka Ahmad Danil.

Kemudian, Kepala Desa Banua Dongoran Siregar  mengucapkan terima kasih kepada babinsa yang aktif ke desa untuk mendampingi petani yang selalu  membuat para petani bersemangat untuk tanam padi.

“Pendampingan yang dilakukan antara lain membantu pengolahan tanah, penyemaian, pemeliharaan tanaman dan menyalurkan hasil panen, sehingga diharapkan dengan kegiatan tersebut hasil panen dapat meningkat dan para petani lebih sejahtera,” ucap Dongoran Siregar. (Freddy A Pardosi/rel)