5 Tahun Berturut-Turut, Alumni Darul Mursyid Lulus 100 Persen ke PTN

5 Tahun Berturut-Turut, Alumni Darul Mursyid Lulus 100 Persen ke PTN

15/09/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL I 102 orang alumni Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang beralamat di Desa Sidapdap Simansor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tahun 2018 ini sudah lulus ke berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 100 persen.
Dikatakan Direktur Bidang Pendidikan PDM, Yusri Lubis, kelulusan alumni PDM 100 persen ke berbagai PTN di tanah air mulai sejak tahun 2014 lalu. Tahun 2018 ini menjadi tahun kelima bagi PDM meluluskan siswanya ke PTN.
Ini salah satu keunggulan PDM yang terus dipertahankan dan menjadi daya tarik tersendiri, karena tidak banyak sekolah yang bisa meluluskan alumninya hingga 100 persen.
“Alhamdulillah, tahun 2018 siswa kami ada 102 orang dan semua telah dinyatakan lulus ke berbagai PTN. Ini sebuah kesyukuran bagi kami dan tentunya juga bagi orangtua siswa. Karena, tidak banyak sekolah yang bisa meluluskan alumninya 100 persen ke PTN,” ucap Yusri, Kamis (13/9).
Kelulusan ini tentu didukung oleh berbagai faktor, seperti nilai akreditasi sekolah, kemampuan peserta didik, dukungan orangtua peserta didik dan dukungan penuh pihak sekolah. Terlebih, PDM memang diakui sangat serius dalam membina, membekali dan menjembatani setiap peserta didiknya untuk diterima diberbagai PTN sesuai harapannya masing-masing.
Karena, terang Yusri, sebelumnya ketika para peserta didik masih duduk di kelas dua Aliyah, sudah dijajaki minat dan bakat masing-masing. Kemudian, disesuaikan dengan kemampuan akademik siswa, juga kesediaan orangtuanya.
Yusri yang merupakan salah satu guru senior di PDM ini memaparkan penyebaran alumni mereka yang lulus tahun 2018 ini. Lulus di Politeknik Keuangan Negara (STAN) ada 3 orang, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia 1 orang, UGM 2 orang, Universitas Padjajaran 2 orang, ITB 1 orang, ITS 4 orang, Universitas Jenderal Sudirman 1 orang, Universitas Malikussaleh 4 orang, Universitas Yogyakarta 1 orang, Universitas Andalas 2 orang, Universitas Negeri Padang 29 orang.
Seterusnya di Universitas Riau 2 orang, Universitas Sriwijaya 1 orang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 1 orang, Universitas Sumatera Utara 6 orang, UIN Antasari Banjarmasin 1 orang, UIN Bandar Lampung 2 orang, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten 5 orang, UIN Imam Bonjol 2 orang, UIN Mataram 1 orang, UIN Raden Patah Palembang 2 orang, UIN Sultan Syarif Kasim 4 orang, UIN Sunan Gunung Jati 5 orang, UIN Syarif Hidayatullah 1 orang, UIN Wali Songo Semarang 6 orang.
Selanjutnya di Politeknik Media Kreatif 1 orang, Politeknik Negeri Padang 8 orang, Poltek Negeri Lhokseumawe 1 orang, Poltek Negeri Pertanian Payakumbuh 2 orang, dan IAIN Padangsidimpuan 1 orang.
“Kelulusan alumni kami melalui upaya yang sangat serius, bahkan sejak kelas dua Aliyah sudah kami petakan minat dan bakatnya yang disesuaikan dengan kemampuan akademiknya. Sehingga lebih mudah mengantarkan mereka lulus ke PTN yang mereka inginkan. Tentu juga harus didukung orangtua para peserta didik,” tuturnya.
Pada kesempatan berbeda, Direktur PDM, Jafar Syahbuddin Ritonga DBA juga mengungkapkan rasa bangganya atas kelulusan anak didiknya di berbagai PTN ini.
Ia juga terus memberikan dukungan penuh agar kelulusan alumni PDM bisa dipertahankan dan bisa masuk ke PTN favorit.
“Saya bersyukur kepada Allah SWT atas kelulusan anak didik kami di berbagai PTN, dan saya terus mendukung secara penuh agar program ini bisa lebih baik kedepan. Tidak hanya lulus di PTN tapi juga PTN terfavorit. Ini menjadi target kami,” tegasnya. (Borneo)