Sosialisasi Operasi Katarak di Wilayah Kabupaten Madina Sukses

Sosialisasi Operasi Katarak di Wilayah Kabupaten Madina Sukses

17/09/2018 0 By Redaktur 3

MADINA | Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-73 Tahun 2018, Kodam I Bukit Barisan bekerjasama dengan PT Agincourt Resources (AR) Batangtoru, A New Vision, Yayasan Walubi Sumut dan Inti Sumut menggelar sosialisasi operasi mata katarak kepada kader penjaringan pasien operasi katarak, di Aula SMA Negeri 1 Panyabungan, Kabupaten Madina, Sabtu (15/9/2018).

Kegiatan sosialisasi operasi mata katarak di wilayah Panyabungan, Kabupaten Madina berjalan sukses dan aman yang diikuti oleh Babinsa, Persit, Perawat Puskesmas, Tomas dan guru wilayah Kabupaten Madina.

Kegiatan sosialisasi dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB yang dihadiri lebih kurang 200 orang peserta yang terdiri dari Perwakilan PT AR Batangtoru Ibu Katerina, Ketua Tim Yayasan Walubi Ibu Ratna Novianti, anggota TNI, Persit, Guru, Perawat, Tokoh masayarakat dan Tokoh agama. Acara Sosialisasi Sosialisasi operasi   katarak  diawali dengan  Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Danramil 13/Panyabungan Kapten Inf Abdul Kodir Harahap dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta yang hadir yang sangat mendukung pelaksanaan bhakti sosial operasi katarak ini. Mengingat masih banyak masyarakat di wilayah Kabupaten Madina yang terkena Katarak.

“Akan melaksanakan pendataan dan penjaringan pasien katarak dengan semaksimal mungkin dengan mengerahkan para Babinsa bersama koramil lainnya di wilayah Kabupaten Madina bahkan bila perlu Tahun ini wilayah  kabupaten  Madina akan bebas katarak,” ucap Abdul.

Sementara itu, Perwakilan Yayasan Walubi dan PT AR Batangtoru mengajak para peserta untuk  dapat berperan aktif menyukseskan bhakti sosial operasi katarak ini dengan melakukan pendataan dan penjaringan pasien katarak sesuai panduan yang ada, membantu membebaskan katarak di Madina .

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan pemaparan tentang pengetahuan dasar buta katarak oleh Dodi Saputra dari A New Vision kepada peserta sosialisasi yang dilanjutkan tanya jawab dan pembagian brosur visus katarak dan buku panduan kepada seluruh peserta yang hadir. (Freddy A Pardosi/rel)