Danlanal Sibolga Buka LDDK Bagi Siswa/i Bidang Maritim SMK Negeri 3 Sibolga

Danlanal Sibolga Buka LDDK Bagi Siswa/i Bidang Maritim SMK Negeri 3 Sibolga

19/09/2018 0 By Redaktur 3

TAPTENG | Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga Letkol (P) Fajar Priyanto K, S.T membuka upacara Latihan Dasar Kedisplinan (LDDK) bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang kemaritiman, jurusan Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI), Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI), dan Agribisnis Perikanan Air Tawar (APAT), di Lapangan Upacara SMK Negeri 3 Sibolga, Jalan Tukka, Sibuluan Raya, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (19/9/2018).

Upacara Pembukaan LDDK ditandai dengan penyematan tanda peserta LDDK kepada perwakilan siswa/i oleh Danlanal Sibolga Letkol (P) Fajar Priyanto K, S.T. Hadir dalam acara pembukaan LDDK yakni Palaksa Lanal Sibolga Mayor Laut (P)  Alamsyah Putra Tanjung, Kepala Polum BP Lanal Sibolga Letda Laut (K) dr Didi, Kepala SMK Negeri 3 Sibolga Drs Awaliul Ramdani, Para Instruktur dan Pelatih LDDK beserta Para guru SMK Negeri 3 Sibolga.

Danlanal Sibolga Letkol (P) Fajar Priyanto K, S.T dalam arahannya menyampaikan bahwa masalah utama pembangunan sektor kemaritiman bangsa Indonesia adalah kurangnya komitmen untuk secara serius mengelola laut.

“Padahal seperti yang dikatakan Presiden Jokowi bahwa dilautan tersimpan harapan. Lautan adalah mandala utama kita dalam segala bidang,” kata Danlanal Sibolga Letkol (P) Fajar Priyanto K, S.T.

Masih disampaikan Fajar, dari sisi pertahanan bahwa laut adalah penangkal awal masuknya invasi musuh ke daratan. Laut merupakan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yang memudahkan mobilisasi kekuatan militer, maka tercipta istilah bahwa Indonesia tidak perlu memiliki kapal induk karena pulau-pulau itu telah berfungsi sebagai kapal induk alami.

“Dari segi ekonomi, laut merupakan penyedia sumber daya alam yang mengagumkan dengan berbagai kekayaan hayati yang tak dimiliki oleh negara manapun, maka tak heran apabila dimasa lalu nenek moyang kita berjuang menunjukkan eksistensinya di laut dengan menguasai jalur-jalur perdagangan strategis,” jelasnya.

Lanjut Fajar, satu hal yang perlu diingat bahwa Indonesia ini dapat terwujud sebagai suatu kesatuan negara oleh karena terinspirasi dari perjuangan nenek moyang yang menggunakan kekuatan angkatan lautnya untuk menyatukan suku demi suku, pulau demi pulau, baik dengan cara militer maupun diplomasi.

“Saya sangat berharap semua yang berdiri dihadapan saya ini akan menjelma menjadi insan-insan bahari yang punya komitmen yang kuat untuk membangun sektor kelautan kita hingga mampu meraih kembali kejayaan bahari seperti yang dicapai nenek moyang kita dimasa lalu. Kita harus mampu memainkan peran utama (the main role) di kawasan regional bahkan harus mampu berkiprah di dunia Internasional,” harapnya.

Fajar juga menyampaikan beberapa pesan untuk dipedomani bagi segenap siswa dan pelatih selama proses LDDK ini berlangsung. Pertama, tingkatkan disiplin, semangat dan motivasi untuk belajar dan berlatih, jangan sia-siakan kesempatan yang telah kalian dapatkan untuk menimba ilmu pengetahuan.

Sambung Fajar, kedua adalah patuhi dan jalankan segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh pembina/instruktur selama kegiatan berlangsung dan jangan segan-segan bertanya akan segala hal yang kurang jelas. Yang ketiga, jadilah kritis dan tidak pasif terhadap segala hal materi pelajaran dan pelatihan yang diberikan supaya ilmu itu benar-benar dapat diaplikasikan dalam praktek kehidupan di lingkup sekolah.

“Keempat, bagi para instruktur berikan yang terbaik yang mampu kalian bagikan bagi para peserta didik. Ingat bahwa tugas ini termasuk bagian dari Binpotnaskuatmar, kalianlah yang akan menentukan corak dan karakter generasi muda bahari. Bentuklah mereka menjadi generasi muda bahari yang tangguh, terampil dan nasionalis,” ucap Letkol (P) Fajar Priyanto K, S.T pemegang tongkat komando di Lanal Sibolga.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 3 Sibolga Drs Awaliul Ramdani usai upacara pembukaan LDDK menyampaikan bahwa kegiatan LDDK merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 3 Sibolga. Dan dalam pembentukan karakter sesuai visi dan misi SMK Negeri 3 Sibolga melibatkan intruktur dari Lanal Sibolga.

“Pembentukan karaktek dengan kegiatan LDDK dikhususkan kepada siswa-siswi kelas X bidang kemaritiman dengan jumlah peserta sebanyak 108 peserta. Pembentukan karakter diperlukan untuk sekolah kemaritiman sesuai dengan Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia,” terang Awaliu.

Setelah upacara pembukaan LDDK kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Dawilhanla oleh Danlanal Sibolga Letkol (P) Fajar Priyanto K, S.T kepada seluruh siswa-siswi peserta LDDK di Aula Pelayaran SMK Negeri 3 Sibolga. (Freddy A Pardosi)