Pemkab Tapsel Peringati Haornas ke-35

Pemkab Tapsel Peringati Haornas ke-35

19/09/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 Tahun 2018, bertempat di lapangan Sarasi, Kelurahan Bintuju, Kecamatan Batang Angkola, Rabu (19/9).
Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu SH yang bertindak sebagai Irup saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi mengatakan, tahun ini merupakan tahun olahraga. Tentunya tahun 2018 ini banyak peristiwa-peristiwa penting dalam olahraga tanah air, mulai dari Asian Games, Asian Para Games dan juga berbagai event nasional maupun internasional di bidang olahraga prestasi.
Kemudian juga di bidang olahraga rekreasi rekor dunia poco-poco nusantara, festival olahraga tradisional tingkat nasional, sepeda nusantara, gala desa, liga sepakbola berjenjang dan lainnya.
“Dalam tahun olahraga ini bangsa Indonesia mendapat kado istimewa dengan suksesnya penyelenggaraan Asian Games dan juga sukses prestasi. Di dalam mencapai prestasi tersebut, tentu tidak muncul tiba-tiba. Prestasi lahir karena dipersiapkan secara matang dan sistematik, dukungan semua pihak disertai do’a dari seluruh masyarakat Indonesia,” ucapnya.
Dikatakannya, dalam konteks pembangunan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Nomor 18 tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.
“Semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur baik pelajar, masyarakat, pekerja atau karyawan dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di lembaga pemasyarakatan. Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup,” ucapnya.
Diutarakannya, permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah, di bawah 18 persen.
“Maka, dengan gerakan masyarakat hidup sehat dan gerakan ayo olahraga, diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Dengan kesegaran jasmani yang bagus, maka akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas dunia masa selanjutnya,” pungkasnya.
Suatu hal yang patut dibanggakan, tuturnya, bahwa Asian Games yang menjadi perhelatan olahraga tingkat Asia, telah berlangsung sukses, lancar dan juga membuahkan prestasi, dengan masuk peringkat 4 besar Asia.
“Patut disyukuri berkat kerja bersama Inasgoc dan stake holder semua, kementerian dan lembaga, sesuai dengan arahan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia serta dukungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota khususnya kepada Provinsi Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan semua komponen dengan kerja ikhlas menghasilkan penyelenggaraan yang mengagumkan,” tuturnya.
Haornas ke-35 Tingkat Kabupaten Tapsel tersebut ditandai dengan pelepasan balon berhadiah. Acara dimeriahkan dengan beragam acara, seperti senam lansia, lomba tarik tambang antar kecamatan dan atraksi pencak silat dari IPSI Tapsel.
Juga digelar pelayanan donor darah dari PMI Tapsel, pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Tapsel, serta pelaksanaan pelayanan KB dari Dinas Pengendalian dan Pelayanan Kependudukan dan KB Tapsel.
Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati, Ir H. Aswin Efendi Siregar MM, Kepala BNNK Tapsel, AKBP Siti Aminah Siregar, Ketua TP PKK Tapsel, Hj. Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu, para Asisten, staf ahli Bupati,  pimpinan OPD, pengurus Koni Tapsel, pengurus KNPI Tapsel, Camat se-Tapsel, ASN, atlet serta lainnya. (Borneo)