Kodim 0205/TK Laksanakan Pencanangan Bhakti Sosial Terpadu TNI-KB Kesehatan di Karo

Kodim 0205/TK Laksanakan Pencanangan Bhakti Sosial Terpadu TNI-KB Kesehatan di Karo

02/10/2018 0 By Redaktur 3

KARO | Untuk mewujudkan tujuan Keluarga Kecil Bahagia, Kodim 0205/TK melaksanakan Kegiatan Pencanangan Bhakti Sosial Terpadu TNI-KB-Kesehatan Tahun 2018, di Kabupaten Karo, Kamis (27/9/2018).

Kegiatan Pencanangan tersebut bertemakan “Dengan Semangat Gotong-royong dan Sinergi, Kita Jadikan Kampung KB Sebagai Poros Keluarga Berkualitas.” Kegiatan tersebut melibatkan peserta donor dan penyuluhan KB sebanyak lebih kurang 155 orang.

Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE mengatakan bahwa Keluarga Berencana (KB) adalah salah satu upaya mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia (KKB) melalui pendewasaan usia perkawinan, pengaturan kelahiran, dan pembinaan ketahanan keluarga yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Meningkatnya jumlah penduduk sehingga berdampak kepada kesehatan dan pangan. Dengan adanya program KB agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan  diandalkan secara kwantitas, Kodim 0205/TK selalu terbuka untuk kegiatan yang positif bagi masyarakat,” kata Taufk.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provsu yang diwakili Kabid Adpin menyampaikan, menyinggung masalah jumlah penduduk yang semakin besar, maka dari itu harus ditingkatkan penyuluhan melalui program Bhaksos TNI agar masyarakat lebih paham akan KB, program ini akan lebih maksimal apabila TNI-Polri bergerak ke daerah untuk mensosialisasikan  program KB.

Kemudian, Wakil Bupati Karo Corry Sebayang dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Karo memiliki 29 Pos KB dengan Jumlah penduduk yang besar akan menambah permasalahan sosial dan kerukunan serta pengurangan nilai nilai  budaya.

“Masalah kwalitas dan kwantitas sumber daya manusia akan menjadi permasalahan yang besar. Untuk itu dengan  adanya Bhakti Sosial akan menjadikan sumberdaya manusia yang berkualitas. Jika program terlaksana maka  akan mengurangi angka kelahiran pada   Tahun 1970 angka kelahiran 5,6 persen sekarang menjadi 3,0 persen,” jelasnya.

Hadir dalam Kegiatan Pencanangan Bhakti Sosial Terpadu yakni Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE, Ketua Persit Cabang XLI Kodim 0205/TK Nyonya Taufik Rizal, Wakil Bupati Karo Corry Sebayang, Danyon 125/SMB diwakili oleh Wadan Yonif Mayor Inf Irwansah, Kadis pengendalian penduduk dan KB. Irwan Sembiring, Kepala BKKBN Provsu diwakili Kabid Provsu Rodiatun Awiyah, Kajari Kabanjahe Arif, Kapolres Karo diwakili AKP Irianto, Perwira dan Staf Kodim 0205/TK, seluruh Kaposkesmas Kabupaten Karo, Kaposkes 01.01.04 Kabanjahe, seluruh Camat dan masyarakat Kabanjahe. (Freddy A Pardosi/rel)