Lanjutkan Trend Positif, Darul Mursyid Raih Prestasi di KSM Nasional 2018

Lanjutkan Trend Positif, Darul Mursyid Raih Prestasi di KSM Nasional 2018

05/10/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL | Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang beralamat di Desa Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) kembali melanjutkan trend positifnya dengan meraih prestasi pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional di Bengkulu tanggal 24-29 September 2018 lalu.
Disampaikan Kepala Devisi Pengembangan Kejuaraan Sains PDM, Ahmad Suheili Pulungan, informasi yang mereka peroleh, KSM tahun ini di ikuti sedikitnya 528 orang peserta dari seluruh madrasah di Indonesia yang dinyatakan lolos oleh provinsinya masing-masing. Pembukaan KSM dihadiri oleh para pejabat dari pusat hingga daerah, seperti Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Kamaruddin dan jajarannya, Menteri Agama, Lukman Saifuddin melalui video conference membuka KSM dihadapan ribuan orang yang hadir di Gedung Bungkuk Serbaguna STQ Bengkulu.
Suheili mengatakan, siswa PDM yang berhasil meraih prestasi di KSM tingkat Nasional ini ada dua orang atas nama Muhammad Ribhi Marbun meraih Perak dan Raja Akbar Pasaribu meraih Perunggu. Keduanya berhasil meraih prestasi di bidang studi Matematika dengan membawa nama baik Sumatera Utara (Sumut).
“Alhamdulillah, ini berkah dari Allah SWT, siswa kami masih bisa konsisten dengan trend positif mampu membawa pulang prestasi yakni satu Perak diraih oleh Ribhi dan satu Perunggu diraih oleh Raja Akbar pada bidang studi Matematika. Prestasi yang berhasil mereka torehkan mewakili Provinsi Sumut, menjadikan Sumut berada di peringkat 16 Nasional mengungguli tuan rumah yakni Bengkulu berada di posisi ke-17 dengan meraih tiga Perunggu dari 34 Provinsi yang ikut dalam kompetisi ini,” ucap Suheili, Rabu (3/10) lalu.
Pada saat yang sama, Direktur PDM, Jafar Syahbuddin Ritonga DBA mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian prestasi anak didiknya ditingkat Nasional ini. “Syukur alhamdulillah, tahun ini dua orang siswa kami mampu menjaga konsistensi prestasi PDM di tingkat Nasional. Dimana tahun-tahun sebelumnya juga, PDM menjadi penyelamat nama baik Sumut pada event yang sama,” ujar Jafar Syahbuddin.
Jafar yang juga menjabat Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), badan pengelola PDM ini menambahkan, tekad dan target mereka bahwa PDM harus mampu menjadi yang terbaik di bidang sains dibandingkan dengan madrasah lainnya yang ada di Indonesia.
Hal itu, pungkasnya, memang tidak mudah, tapi konsistensi prestasi PDM di tingkat Nasional menjadi catatan baik untuk memupuk rasa optimisme dan menjadi pembuka langkah PDM meraih impiannya dimasa mendatang.
“Dengan prestasi yang sudah diraih ini dan juga prestasi yang pernah ditorehkan siswa-siswi PDM pada tahun-tahun sebelumnya, membuat kami semakin optimis untuk bisa menjadi Pesantren terbaik dibidang sains di Indonesia pada masa mendatang. Mohon do’anya semoga cita-cita mulia ini terwujud,” tutur Jafar Syahbuddin. (Borneo)