Danrem 023/KS Hadiri Kegiatan Operasi Katarak Gratis di Padangsidimpuan

Danrem 023/KS Hadiri Kegiatan Operasi Katarak Gratis di Padangsidimpuan

16/10/2018 0 By Redaktur 3

PADANGSIDIMPUAN | Danrem 023/KS Kolonel Inf Mohammad Fadjar meninjau pelaksanaan operasi katarak di Rumkit TK IV Losungbatu, Padang Sidimpuan, Minggu (14/10/2018).

Danrem 023/KS Kolonel Inf Mohammad Fadjar bersama Ketua Persit KCK Korem 023/Kawal Samudera Nyonya Irawati Mohammad Fadjar didampingi Dandenkesyah Letkol CKM P Saragih, Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari, Danyon 123/RW Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusanto SIP dan Para Kasi Korem 023/KS.

Danrem 023/KS Kolonel Inf Mohammad Fadjar saat membacakan amanat Pangdam I/Bukit Barisan menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga dan penghargaan yang tulus kepada Walubi Sumut, A new vision dan PT Agincourts Resources, Para Dokter dan medis, atas partisipasi dan dukungannya, sehingga kegiatan bakti sosial operasi katarak yang sudah terlaksana sejak tahun 2013 sampai dengan saat ini dapat terselenggara dengan lancar.

Katarak merupakan penyakit mata yang dapat menimpa setiap orang, baik usia lanjut maupun masih usia produktif. Penyakit katarak perlu penanganan serius dan cepat, karena penyakit katarak ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami kebutaan permanen,” jelas Fadjar.

Masih disampaikan Fadjar, upaya pemberantasan penyakit katarak di Indonesia mengalami beberapa kendala, diantaranya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan mata yang masih terbatas, lokasi tempat tinggal yang jauh dan kesulitan terhadap pembiayaan pengobatan yang cukup tinggi bagi sebagian masyarakat.

“Kodam I/BB telah mengadakan kerja sama dengan yayasan Walubi Sumut, A New  Vision, PT Agincourts Resources, dan Inti Medan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan pengobatan secara gratis. Di rumah sakit TK II  Putri Hijau Medan pada tanggal 11 Oktober 2018 yang lalu dan berhasil memulihkan penglihatan pasien katarak dari berbagai wilayah di Sumatera Utara,” ucapnya.

Lanjut Fadjar, komitmen Kodam I/BB untuk memberikan pengobatan gratis sepanjang Tahun bagi masyarakat kurang mampu dengan target 1000 pasien pada Tahun 2018 ini, sehingga masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara terbebas dari kebutaan akibat penyakit katarak.

“Melalui kegiatan operasi katarak ini, Pangdam I/BB  berharap para penderita katarak dapat sembuh dari penyakit yang dideritanya dan dapat menumbuhkan kembali kepercayaan dirinya serta dapat beraktivitas normal kembali seperti sedia kala,” katanya.

Sambung Fadjar, kegiatan ini memang tidak ringan, namun dibalik itu, terkandung kehormatan yang besar, karena keberhasilan bakti sosial di bidang kesehatan, berarti TNI telah turut serta mendukung program pemerintah membangun masyarakat yang maju, sejahtera dan berkeadilan sosial.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang turut berperan mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Semoga Tuhan yang maha pengasih dan maha penyayang senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama,” terang Fadjar saat menyampaikan amanat Pangdam

Amatan, di Rumah Sakit milik TNI AD, warga antusias berdatangan dari segala penjuru daerah memadati areal rumah sakit untuk mengikuti kegiatan bakti sosial operasi  katarak. Usai kegiatan bakti sosial operasi dilanjutkan memberikan sembako kepada 200 orang masyarakat yang kurang mampu.

Danrem  beserta Rombongan  menyempatkan diri melihat dan berbincang dengan para pasien yang telah di operasi maupun yang baru akan dioperasi. Kegiatan operasi katarak dihadiri Presiden Direktur PT Agincourt Resource Tim Duffy, Ketua Walubi Sumut dan Inti Medan Dr Indra Wahyudin, Ketua A New Vision Evy Jono, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Kapolres Kota Padangsidimpuan , yang mewakili Pemda Tapsel, Madina, Paluta dan Palas. (Freddy A Pardosi/rel)