Tahun Ini, 1.200 Mata Target Operasi Katarak Gratis

Tahun Ini, 1.200 Mata Target Operasi Katarak Gratis

16/10/2018 0 By Redaktur 1

PADANGSIDIMPUAN I Penglihatan lebih dari 1.200 mata ditargetkan dapat dipulihkan melalui operasi katarak gratis pada rangkaian pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis yang dimulai 10-15 Oktober tahun 2018 ini.
Danrem 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Mohammad Fadjar membacakan sambutan tertulis Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI MS. Fadhilah pada kegiatan operasi katarak gratis di Rumah Sakit TNI AD Losung Batu, Padangsidimpuan, Minggu (14/10) kemarin mengatakan, katarak merupakan penyakit mata yang dapat menimpa setiap orang, baik usia lanjut maupun usia produktif. Penyakit katarak perlu penanganan serius dan cepat, karena penyakit ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami kebutaan permanen.
Disebutkan Pangdam, upaya pemberantasan penyakit katarak di Indonesia mengalami beberapa kendala, diantaranya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan mata yang masih terbatas, lokasi tempat tinggal yang jauh, dan kesulitan terhadap pembiayaan pengobatan yang cukup tinggi bagi sebagian masyarakat.
Menyikapi beberapa kendala tersebut dan untuk menekan angka kebutaan, terangnya, Kodam I Bukit Barisan telah mengadakan kerjasama dengan PT. AR, A New Vision dan Yayasan Walubi Sumut, sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan pengobatan secara gratis.
Diutarakannya, kegiatan tersebut juga telah dilaksanakan di Rumah Sakit TNI Putri Hijau Medan tanggal 11 Oktober 2018 lalu, dan berhasil memulihkan penglihatan pasien katarak dari berbagai wilayah di Sumut.
Pihaknya berharap, dengan kegiatan tersebut, masyarakat Indonesia secara khusus Sumut dapat terbebas dari kebutaan akibat penyakit katarak.
“Melalui operasi katarak ini, saya berharap para penderita katarak dapat sembuh dari penyakit yang dideritanya dan dapat menumbuhkan kembali kepercayaan dirinya, serta dapat beraktifitas normal kembali seperti sedia kala,” harap Pangdam.
Presiden Direktur PT. AR, Tim Duffy mengatakan, operasi katarak gratis tahun ini ditargetkan dapat memulihkan penglihatan lebih dari 1.200 mata.
Dimana, tahun 2018 ini merupakan tahun ketujuh penyelenggaraan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis Tambang Emas Martabe. Program unggulan di bidang kesehatan ini adalah bukti komitmen kuat perusahaan untuk membantu pemerintah Indonesia memberantas katarak di Sumut, khususnya di daerah operasional Tambang Emas Martabe.
“Selama 6 tahun penyelenggaraan, kami telah menjadi saksi bagaimana mengembalikan penglihatan sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, pada tahun ini kami ingin meneruskan komitmen ini. Kami berharap seluruh masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis ini,” ucap Tim Duffy.
Lebih lanjut, Tim Duffy mengungkapkan, sejak 2011, total yang sudah mengikuti operasi katarak gratis Tambang Emas Martabe mencapai 7.311 mata dari 6.289 orang. Lebih dari 5.500 orang telah memiliki pemahaman dasar mengenai katarak melalui Pekan Informasi Katarak, dan lebih dari 20.000 orang mengikuti pemeriksaan mata gratis. Secara total, telah lebih dari 25.000 orang memperoleh manfaat tidak langsung dari seluruh rangkaian program ini.
Sementara dari sisi biaya, terangnya, Tambang Emas Martabe telah menggelontorkan dana total US$ 130.000 atau sekitar Rp2 miliar untuk penyelenggaraan rangkaian kegiatan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis pada tahun 2018 ini.
Hadir pada acara tersebut, Danrem 023/Kawal Samudera, Kolonel Inf Mohammad Fadjar beserta nyonya dan jajaran, Presiden Direktur PT. AR, Tim Duffy, Senior Manager Corporate Communications PT. AR, Katarina Siburian Hardono, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Hj. Taty Ariyani Tambunan SH, Kapolres Padangsidimpuan, AKBP Hilman Wijaya, Waka Polres Tapsel, Ketua MUI Kota Padangsidimpuan, H. Zulpan Efendi Hasibuan, sejumlah pimpinan ormas serta undangan lainnya. (Borneo)