Tambang Emas Martabe Kembali Dukung Penyelenggaraan UKW di Sumut

Tambang Emas Martabe Kembali Dukung Penyelenggaraan UKW di Sumut

30/10/2018 0 By Redaktur 2

PADANGSIDIMPUAN I PT. Agincourt Resources (AR), pengelola Tambang Emas Martabe untuk kali kedua mendukung penuh pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut), 29-30 Oktober 2018 di Hotel Mega Permata Padangsidimpuan.

UKW kali ini di ikuti sekitar 30 peserta wartawan dari berbagai daerah di Sumut, seperti Tapanuli Selatan (Tapsel), Tapanuli Tengah (Tapteng), Tapanuli Utara (Taput), Mandailing Natal (Madina), Padangsidimpuan, Sibolga, Simalungun, Pematang Siantar dan lainnya.
Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu SH diwakili Sekdakab, Drs H. Parulian Nasution MM membuka secara resmi UKW tersebut.

Sekdakab, Parulian menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. AR yang kali kedua mendukung penuh pelaksanaan UKW bekerjasama dengan PWI.

“Pemkab menyampaikan salut dan bangga kepada Tambang Emas Martabe yang tak pernah menyerah mewujudkan wartawan yang profesional melalui UKW,” ucap Parulian.

Pada kesempatan itu, ia mengajak para wartawan untuk banyak membaca, karena dengan membaca akan semakin memperkaya khasanah dan ilmu dalam menulis.

“Selain itu, wartawan juga harus mampu memikirkan yang belum terpikirkan dibalik otak yang berpikir,” tuturnya.
Ketua PWI Sumut, H. Hermansjah SE dalam sambutannya mengatakan, PWI sudah 348 kali menyelenggarakan UKW di Indonesia, sementara untuk Sumut sudah angkatan XIX.

“Dari 348 kali penyelenggaraan UKW sebanyak 9.304 wartawan yang berkompeten,” ucapnya.
Ia sangat mengapresiasi kegiatan UKW yang untuk kali kedua mendapat dukungan penuh dari PT. AR sebagai salah satu mitra kerja PWI Sumut.

“Kami mengharapkan mitra-mitra kerja PWI bisa belajar dari Tambang Emas Martabe dalam memfasilitasi kegiatan UKW, karena tanggungjawab untuk mencerdaskan wartawan adalah tanggungjawab bersama termasuk mitra kerja PWI,” tuturnya.
Sementara itu, Cahyo Adi dari PWI Pusat menyatakan, partisipasi PT. AR dalam pelaksanaan UKW ini sangat positif bagi pengembangan profesionalisme dan kompetensi wartawan.

“PWI patut berterima kasih kepada PT. AR yang turut mengambil bagian dalam proses ini dalam bentuk kemitraan. Semoga kerja sama ini terus berlanjut,” tandasnya.

Presiden Direktur PT. AR, Tim Duffy mengatakan, dukungan terhadap kegiatan UKW ini menunjukkan komitmen dan konsistensi Tambang Emas Martabe untuk terus tumbuh bersama dengan para pemangku kepentingan kunci, salah satunya adalah para wartawan dari berbagai media massa yang selama ini telah menjalin hubungan yang sangat harmonis dan konstruktif.

“Dukungan penuh pada penyelenggaraan UKW tahun ini menunjukkan komitmen berkelanjutan Tambang Emas Martabe untuk mendorong upaya PWI meningkatkan kompetensi wartawan khususnya di wilayah Sumut, sehingga mampu bersaing positif guna menciptakan dunia jurnalisme yang terus maju seiring kemajuan pertukaran informasi,” ucap Tim Duffy.

Senior Manager Corporate Communications PT. AR, Katarina Siburian Hardono menyebutkan, tahun ini salah satu materi uji UKW adalah tantangan dan potensi penerapan inisiatif keberagaman gender di Tambang Emas Martabe.
“Melalui UKW 2018 kami juga ingin meningkatkan pemahaman para wartawan terkait praktik pertambangan berkelanjutan di Tambang Emas Martabe, salah satunya yakni penerapan keberagaman gender. Kami meyakini bahwa keberagaman gender akan meningkatkan kekuatan dan kinerja perusahaan melalui keberagaman perspektif, ide pengembangan, pemecahan masalah dan inovasi yang pada akhirnya akan menghantarkan Tambang Emas Martabe menjadi perusahaan pertambangan yang lebih sukses,” pungkas Katarina.

Selain mendukung penyelenggaraan UKW, Tambang Emas Martabe berkomitmen kuat untuk meningkatkan kapabilitas serta kecakapan wartawan di Sumut, khususnya di wilayah operasional tambang, diantaranya melalui penyelenggaraan Media Capacity Building dan Media Visit.

Foto : Senior Manager Corporate Communications PT. AR, Katarina Siburian foto bersama dengan para penguji dan peserta UKW 2018 di Padangsidimpuan, Senin (29/10).

Dalam 7 tahun terakhir ini Tambang Emas Martabe setidaknya sudah melibatkan lebih dari 100 wartawan dari puluhan media massa di Sumut. Di samping itu, Tambang Emas Martabe juga telah memfasilitasi sejumlah sesi diskusi yang dilengkapi dengan studi komparatif untuk melihat praktik pertambangan berkelanjutan di tambang mineral lainnya seperti di Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan sebagainya. (Borneo)