Satgas TMMD Kodim 0210/TU Beri Penyuluhan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara

Satgas TMMD Kodim 0210/TU Beri Penyuluhan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara

06/11/2018 0 By Redaktur 3

TAPUT | Satuan tugas (satgas) TMMD ke-103 Kodim 0210/TU memberikan Penyuluhan Pendidikan Pendahuan Bela Negara (PPBN) kepada masyarakat di Gereja HKBP, Dusun Sitapongan, Desa Banuaji IV, Kecamatan Adian Koting, Kabupaten Tapanuli Utara, Minggu (28/10/2018).

Penyuluhan disampaikan oleh Kapten KAV Suharsono jabatan sehari-hari perwira seksi terotorial Kodim 0210/TU. Penyuluhan Pendidikan Pendahuan Bela Negara (PPBN) masuk dalam materi kegiatan non fisik dilaksanakan oleh anggota satuan tugas (satgas) TMMD ke-103 Kodim 0210/TU.

Kapten KAV Suharsono  menjelaskan maksud dilaksanakan Penyuluhan Pendidikan Pendahuan Bela Negara (PPBN) adalah untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang peran  warga Negara dalam bela Negara  dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.

“Kita harus mencintai tanah air dengan melestarikan lingkungan hidup sehingga tidak terjadi penebangan liar dan tetap menjaga penghijauan,“ ucap Suharsono.

Lebih lanjut, Kapten KAV Suharsono juga menjelaskan, kesadaran berbangsa dan bernegara harus ditumbuhkan sehingga dapat menjalin rasa kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia. Menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara dapat dipupuk dengan rasa memiliki jiwa besar dan patriotisme.

“Kita harus yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara. Pancasila merupakan sumber hukum dan sekaligus kerangka acuan NKRI, karena Pancasila sebagai dasar negara telah dapat mempersatukan rakyat Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam agama, suku bangsa, asal usul keturunan dan tingkat sosial ekonomi. Nilai-nilai Pancasila juga dapat dipergunakan dalam penyelesaian konflik, serta mematahkan setiap ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan terhadap keutuhan bangsa masih dapat kita atasi bersama berdasarkan kaidah demokrasi Pancasila, yang menjunjung tinggi sifat kekeluargaan dan gotong royong,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala desa, para lansia, tokoh masyarakat , tokoh agama dan pemuda-pemudi Dusun Sitapongan, Kabupaten Tapanuli Utara. (Freddy A Pardosi)