Babinsa Koramil 02/Sidikalang & PPL Terapkan Tanam Jagung Dengan Pola TOT

Babinsa Koramil 02/Sidikalang & PPL Terapkan Tanam Jagung Dengan Pola TOT

07/11/2018 0 By Redaktur 3

DAIRI | Babinsa Koramil 02/Sidikalang Kodim 0206/Dairi Serda Ibrahim Barus bersama Koordinator PPL menerapkan penanaman Jagung dengan pola TOT (Tanpa Olah Tanam)  menggunakan pupuk dasar di lahan kelompok tani Subur Tani II, kelurahan Sidiangkat, kecamatan Sidikalang, kabupaten Dairi, Rabu (31/10/2018).

Serda Ibrahim Barus  mengatakan bahwa menanam jagung salah satunya dengan menerapkan metode tanpa olah tanah (TOT). Pengertian tanpa olah tanah adalah cara penanaman tanpa perlakuan persiapan lahan seperti pembalikan dan penggemburan tanah terlebih dahulu, hanya diperlukan lubang untuk membenamkan benih ke dalam tanah.

“Kelebihan penanaman dengan pola TOT adalah menyingkat waktu budidaya karena petani tidak perlu melakukan pengolahan tanah terlebih dahulu, sehingga menghemat ongkos tenaga kerja, menghindari kerusakan tanah, karena tanah yang terlalu sering dibalik dan digemburkan akan mengalami pengerasan dalam jangka panjang. Selain itu tanah yang dibajak atau digemburkan akan terbuka, sehingga ada potensi hilangnya mineral tanah,” jelas Ibrahim. (Freddy A Pardosi)