Babinsa Koramil 06/Tuhemberua Bantu Petani Cabut Gulma

Babinsa Koramil 06/Tuhemberua Bantu Petani Cabut Gulma

07/11/2018 0 By Redaktur 3

NIAS | Babinsa Koramil 06/Tuhemberua Kodim 0213/Nias Serda Juli Tarigan, Koptu U Hutagalung, Koptu Ari Asman melaksanakan kegiatan pendampingan upsus perawatan dan penyiangan padi di sawah seluas 10 ha milik kelompok tani Tafaeri dengan umur padi 3 minggu, di desa Banua Gea, kecamatan Tuhemberua, kabupaten Nias Utara, Selasa (6/11/2018).

Babinsa Koramil 06/Tuhemberua Serda Juli Tarigan menjelaskan, adapun jenis padinya adalah Varietas Inpari 32,  yang cocok untuk ditanam di ekosistem tanah dataran rendah sampai ketinggian, bahkan cocok untuk  daerah kurang air. Karena benih padi ini tahan terhadap kekeringan, tahan terhadap serangan OPT dan umur panennya singkat dibawah 3 bulan serta berbulir banyak.

“Dengan dilakukannya penyiangan serta pencabutan gulma itu, diharapkan tanaman padi dapat tumbuh merata dan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Sehingga program Ketahanan pangan dapat tercapai,” jelas Juli Tarigan.

Masih disampaikan Juli Tarigan, tujuan dari perawatan ini untuk mengetahui proses perkembangan tanaman padi dari mulai tanam sampai berisi buah, harus selalu mendapat perhatian.

“Apabila terjadi kendala atau hama yang menyerang, maka sedini mungkin dapat diatasi, sehingga pertumbuhan padi tidak terhambat yang berdampak negatif pada hasil panen,” terang Juli Tarigan.

Kali ini, lanjut Juli  Tarigan, perawatan dilakukan dengan melakukan penyiangan ini untuk membersihkan tanaman padi dari rumput dan gulma, diharapkan akar padi dapat tumbuh merata dan berkembang secara maksimal, sehingga ke depan, mendapatkan hasil panen yang optimal.

Di tempat berbeda, Danramil 06/Tuhemberua Kapten Inf Yustinus Waruwu  menuturkan, kegiatan pendampingan kepada para petani yang dilakukan babinsa merupakan bagian upaya khusus (upsus) ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah, khususnya di wilayah kecamatan Tuhemberua, kabupaten Nias Utara.

“Kegiatan pendampingan ini, dilaksanakan mulai pengolahan lahan, masa tanam, masa perawatan hingga masa panen, dan dalam pelaksanaannya, dikoordinasikan dan bekerjasama dengan BPP/UPT Dinas Pertanian yang ada di kecamatan Tuhemberua, kabupaten Nias Utara,” tegas Yustinus. (Freddy A Pardosi)