Babinsa Koramil 09/Sirombu Dampingi Poktan Cendrawasih Lakukan Penyiangan Gulma di Sawah

Babinsa Koramil 09/Sirombu Dampingi Poktan Cendrawasih Lakukan Penyiangan Gulma di Sawah

07/11/2018 0 By Redaktur 3

NIAS | Babinsa Koramil 09/Sirombu Kodim 0213/Nias Serda JK Daili bersama Serda Niaston Simatupang melaksanakan pendampingan upsus penyiangan gulma di sawah kelompok Tani Cendrawasih, desa Iraonogaila, kecamatan Lahomi, kabupaten Nias Barat, Selasa (30/10/2018).

Danramil  Koramil 09/Sirombu Kapten Inf A Simbolon mengatakan, penyiangan merupakan suatu kegiatan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah.

“Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi,” kata A Simbolon.

A Simbolon juga menjelaskan bahwa penyiangan bertujuan untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.Tanaman yang ditumbuhkan harus mendapatkan semua nutrisi dan air yang diberikan oleh petani agar mampu menghasilkan secara optimal.

“Penyiangan bisa dilakukan dengan  cara  manual dengan tangan, dengan cara kimiawi dengan herbisida  dan Secara mekanis dengan mesin, tetapi petani di wilayah desa Iraonogaila, kecamatan Lahomi masih dengan cara manual dengan tangan dengan menggunakan tangan yang mencabut rumput yang tumbuh di sela-sela tanaman. Mencabut gulma dengan tangan cenderung pekerjaan yang melelahkan dan umumnya dikerjakan dengan tenaga kerja yang banyak,” terangnya. (Freddy A Pardosi)