Bina Generasi Muda, Kodim 0206/Dairi Laksanakan Perkemahan Saka Wira Kartika

07/11/2018 0 By Redaktur 3

DAIRI | Kodim 0206/Dairi melaksanakan pembinaan generasi muda dengan cara menggelar Perkemahan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, di desa Pangguruan, kecamatan Sumbul, kabupaten Dairi, Sabtu (3/11/2018).

Thema kegiatan Perkemahan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika adalah “TNI AD Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika TA 2018 dijajarannya Ikut Serta Membina dan Membentuk Generasi Muda Bangsa Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan serta Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan mempererat ke Bhineka Tunggal Ika guna Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan perkemahan dibuka dengan upacara. Dan bertindak sebagai Pembina Upacara yakni Kasdim 0206/DR Mayor Inf Danial Pandia, sedangkan bertindak sebagai  Komandan Upacara adalah Gomgom Pardosi siswa dari SMA Negeri 1 Siempat Nempu Hulu. Untuk  Perwira Upacara Lettu Arh J Pasaribu Pasi Ter Dim 0206/Dairi dan Pengucap Dasa Dharma Pramuka Mei Lingga dari SMA Negeri 1 Salak.

Kasdim 0206/Dairi Mayor Inf Danial Pandia saat menyampaikan kata sambutan Dandim 0206/Dairi mengatakan, kesadaran bela negara harus dibangun, dibina dan ditumbuh kembangkan dalam diri setiap warga negara sejak usia dini melalui pendidikan dalam bentuk proses pembelajaran interaktif, partisipatif dan progresif sepanjang hayat.

“TNI AD melalui fungsi pembinaan teritorial berusaha membangkitkan, mendorong, mengarahkan serta mengendalikan semangat dan daya masyarakat terutama generasi muda dalam rangka peningkatan pembinaan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kesadaran bela negara,“ ucap Danial.

Danial juga mengatkan bahwa Saka Wira Kartika mengandung makna sekelompok Praja Muda Karana yang terorganisir, berjiwa ksatria, rela berkorban tanpa pamrih untuk bangsa dan negaranya dibawah binaan TNI AD.

“Selama mengikuti kegiatan kepramukaan ini, saya tekankan laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab agar dapat menambah pengalaman untuk masa yang akan datang,” ucapnya. (Freddy A Pardosi)