Menyatu Dengan Warga, Satgas TMMD Tinggal di Rumah Orang Tua Asuh

Menyatu Dengan Warga, Satgas TMMD Tinggal di Rumah Orang Tua Asuh

07/11/2018 0 By Redaktur 3

TAPUT | Prajurit Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-103 Kodim 0210/TU terlihat kompak bersama warga Dusun Sitapongan, desa Banuaji IV, kecamatan Adian Koting, kabupaten Tapanuli Utara (Taput),  di rumah milik seorang warga bermarga Sitompul, Jumat (2/11/2018). Kekompakkan tersebut terlihat pada suasana makan siang bersama yang dilakukan pada kesempatan saat istrahat siang usai pengerjaan sasaran  fisik TMMD.

Kegiatan makan bareng warga tersebut tidak hanya dilakukan saat istirahat bekerja. Namun berlangsung setiap hari, khususnya bagi warga yang rumahnya ditempati para prajurit. Bahkan dalam TMMD ini, para prajurit diwajibkan menempati rumah warga. Hal ini menunjukkan bahwa antara TNI dan warga penuh kebersamaan satu sama lain.

Menurut Kapten KAV Suharsono yang sehari-hari menjabat Perwira Seksi Terotorial (Pasi Ter) Kodim 0210/TU menyampaikan, para anggota Satgas TMMD Kodim 0210/TU tinggal dan makan di rumah-rumah warga yang merupakan orang tua asuh, sebagai tradisi untuk menyatu dengan warga setempat.

“Tradisi TMMD lainnya, juga mewajibkan kami tinggal dan makan di rumah-rumah warga. Uang lauk pauk kami juga kami serahkan kepada para orang tua asuh yang kami tempati agar keberadaan kami tidak memberatkan mereka,” kata Suharsono. (Freddy A Pardosi)