Satgas TMMD ke-103 Kodim 0210/TU Gelar Penyuluhan Lingkungan Hidup di Dusun Sitapongan

Satgas TMMD ke-103 Kodim 0210/TU Gelar Penyuluhan Lingkungan Hidup di Dusun Sitapongan

07/11/2018 0 By Redaktur 3

TAPUT | Rangkaian demi rangkaian kegiatan terus mengiringi penyelenggaraan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, tahun 2018 di wilayah Kodim 0210/TU.

Kegiatan tersebut dituangkan salah satunya lewat acara penyuluhan lingkungan hidup  yang digelar Satgas TMMD bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Utara, di Gereja HKBP dusun Sitapongan, desa Banuaji IV, kecamatan Adiankoting, kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Senin (5/11/2018).

Victor Siagian bersama staf, hadir selaku narasumber penyuluhan bertajuk pelestarian lingkungan hidup yang diselenggarakan oleh satuan tugas TMMD 103 Kodim 0210/TU. Hadir dalam kegiatan penyuluhan tersebut, personil satgas TMMD, mayarakat desa Banuaji  IV, tokoh agama dan tokoh mayarakat.

Victor Siagian selaku narasumber menyampaikan bahwa kebersihan merupakan suatu aspek yang sangat penting dalam hidup ini. Apabila tidak bersih maka segala sesuatu akan tidak nyaman dipandang dan dapat menyebabkan berbagai dampak yang kurang baik. Ada suatu kalimat penuh makna yang berbunyi, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Makna dari kata-kata ini sangatlah bagus.

“Menjaga kebersihan dapat dimulai dari hal yang paling kecil yaitu dari diri sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan diri sendiri, seperti dilakukan dari hal sehari-hari kita seperti mencuci tangan sebelum makan,” kata Victor.

Lanjut Victor, setelah menjaga kebersihan diri sendiri, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan di rumah, yaitu terkait dengan keluarga. Rumah merupakan tempat tinggal sebuah keluarga, yang mana didalam sebuah keluarga tentu saja masalah kebersihan sangat perlu diperhatikan dan dijaga agar kelurga tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

“Setelah di dalam keluarga kebersihannya terjaga, dapat menjaga kebersihan di lingkungan sekitar. Menjaga lingkungan agar tetap bersih merupakan hal yang sangat penting. apabila lingkungan sudah bersih maka kita akan nyaman tinggal di lingkungan tersebut,” ujarnya.

Masih disampaikan Victor, alangkah nyaman dan indah apabila lingkungan sekitar bersih, banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan tetap bersih seperti tidak membuang sampah sembarangan.

“Seperti halnya yang sering dilihat, masih banyak sekali sampah-sampah di parit atau di selokan bahkan di bawah rumah yang tinggal di daerah rawa sehingga membuat lingkungan menjadi kotor dan penuh sampah. Ini merupakan hal yang tidak pantas untuk di tiru karena telah membuang sampah sembarangan,” katanya.

Sementara itu, diakhir penyuluhan, Kapten KAV Suharsono menyimpulkan bahwa sesungguhnya seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak hal kreatif yang dapat dilakukan dengan sampah-sampah yang bisa dimanfaatkan dalam segala hal. sampah plastik dapat dibuat berbagai macam hasil kreatif, seperti di buat tas, atau hiasan dan lainnya.

“Sudah banyak sekali contoh orang-orang kreatif yang telah memanfaatkan sampah menjadi bahan yang bermanfaat dan bernilai,” ucap Suharsono. (Freddy A Pardosi)