Cetak Pemilih Cerdas, KPU Kota Sibolga Gelar Program KGTS

Cetak Pemilih Cerdas, KPU Kota Sibolga Gelar Program KGTS

09/11/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Kalangan pemilih pemula mendapat perhatian serius dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga. Mencetak pemilih cerdas adalah salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh KPU pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

Untuk mewujudkan hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga menggelar program sosialisasi “KPU Goes to School” (KGTS) kepada para siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Sibolga, Jalan Maraden Panggabean No.16, Kelurahan Angin Nauli, Kecamatan Sibolga Utara, Kota Sibolga, Kamis (8/11/2018).

Berkolaborasi dengan jajaran anggota Komisioner KPU Kota Sibolga dan staf, kegiatan “KPU Goes to School” (KGTS) berlangsung seru dan mengasyikkan. Terlihat dari respon siswa-siswi SMK Negeri 2 Sibolga yang hadir aktif dan interaktif selama mengikuti rangkaian acara yang difasilitasi langsung Komisioner KPU Kota Sibolga.

Acara KGTS ini diisi dengan pemberian materi singkat yang disampaikan oleh narasumber dari anggota Komisioner KPU Kota Sibolga. Dan diakhir acara KGTS diselingi dengan games berhadiah, bila mampu menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat yang diajukan oleh anggota Komisioner KPU Kota Sibolga kepada para siswa SMK Negeri 2 Sibolga peserta sosialisasi.

KGTS di SMK Negeri 2 Sibolga bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta kesadaran kepada pemilih pemula untuk aktif terlibat dalam setiap tahapan pemilu. Mereka juga harus menjadi pemilih cerdas, memberikan hak suaranya kepada calon yang diyakini setelah memahami latar belakang calon yang ada.

“Kegiatan KGTS ini bagian dari program KPU Kota Sibolga yaitu Pekan Sosialisasi Pemilih Pemula dengan mendatangi sekolah yang ada di Kota Sibolga. Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi singkat tentang pentingnya partisipasi pemilih pemula dalam pemilu 2019 mendatang,” kata Afwan Nasution ST, Komisioner Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Penyelenggaraan KPU Kota Sibolga usai kegiatan KGTS di SMK Negeri 2 Sibolga, Kamis (8/11/2018).

Tak hanya menerangkan tentang pentingnya partisipasi pemilih pemula di Pemilu 2019 mendatang. Sebelum itu, Afwan juga menjelaskan kepada siswa-siswi makna dari keserentakan pemilu 2019 mendatang.

“Akan ada lima surat suara yang akan digunakan pemilih di TPS. Kelimanya terdiri dari surat suara untuk pemilihan DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kota, DPD RI serta pemilihan presiden dan wakil presiden.

Kegiatan KGTS dihadiri oleh Komisioner Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM Penyelenggaraan KPU Kota Sibolga Afwan Nasution ST, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Sibolga Salmon Tambunan S.Pd, M.Pd dan Komisioner Divisi Data dan Program Penyelenggaraan KPU Kota Sibolga Asmar Harahap. (Freddy A Pardosi)