Danrem 023/KS Jadi Irup Pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 di Sibolga

Danrem 023/KS Jadi Irup Pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 di Sibolga

12/11/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018 di kota Sibolga, dilaksanakan di Lapangan Simare-mare, Sabtu (10/11/2018). Danrem 023/KS Kolonel Inf Mohammad Fadjar bertindak sebagai Inspektur Upacara dan sebagai Komandan Upacara Mayor Inf Junaedi Tarigan jabatan sehari-hari Perwira Perencanaan Korem 023/KS.

Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan menheningkan cipta, pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan pembacaan pesan-pesan Pahlawan/Kata-kata Mutiara para Pahlawan Nasional. Kemudian, Inspektur Upacara menyampaikan amanat dengan membaca Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan Danrem 023/KS Kolonel Inf Mohammad Fadjar menyampaikan bahwa setiap tahun pada tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Di bulan Nopember ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” terang Fadjar.

Ia juga menyampaikan, prosesi peringatan hari pahlawan khususnya upacara pengibaran bendera merah putih serta mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik seperti yang saat ini dlakukan, juga dilaksanakan di seluruh pelosok tanah air, bahkan di perwakilan Negara Republik Indonesia di luar negeri. Seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan tersebut bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia.

“Peringatan hari pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subfansi setiap peringatan hari pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah,” ucapnya.

Untuk itu, Sambung Fadjar, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.

Tema hari Pahlawan tahun 2018 adalah “Semangat pahlawan di dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

“Peringatan hari pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” kata Fadjar.

Usai upacara bendera, dilakukan penyerahan bantuan tali asih kepada para pejuang veteran Kota Sibolga dan warakawuri berupa sembako. Dan juga dirangkai dengan penyerahan hadiah napak tilas bagi sekolah yang mendapatkan juara.

Setelah penyerahan bantuan, rombongan Danrem 023/KS Kolonel Inf Mohammad Fadjar didampingi oleh Wali Kota Sibolga dengan Forkopimda, acara dilanjutkan dengan upacara ziarah ke taman makam pahlawan, dan tabur bunga untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperjuangan Negara Republik Indonesia di laut Pelabuhan Sambas Kota Sibolga.

Turut hadir pada acara ini, yakni Danrem 023/KS Kolonol Inf Mohammad Fadjar, Wali Kota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk, Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang S.Pi, Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Hariandja, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto K, S.T, Dansat Satradar, Ketua Pengadilan Sibolga, Sekda Kota Sibolga, Para perwira TNI dan Polri, Ketua Persit KCK Korcab Korem 023 dan pengurus, Tim Penggerak PPK Kota Sibolga, Forkopimda Kota Sibolga, Pimpinan OPD Kota Sibolga, dan para pejuang veteran. (Freddy A Pardosi)