KPU Kota Sibolga Menetapkan 64.957 Pemilih pada DPTHP-II

KPU Kota Sibolga Menetapkan 64.957 Pemilih pada DPTHP-II

13/11/2018 0 By Redaktur 1

SIBOLGA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-I) dan penetapan DPTHP-II.

Dimana, rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-I) dan penetapan DPTHP-II, ini dilaksanakan di Aula Hotel Dainang, Kota Sibolga, Senin (12/11/2018).

Rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP-I) dan penetapan DPTHP-II ini, langsung dipimpin oleh Ketua KPU Kota Sibolga Khalid Walid didampingi Komisioner Asmar Harahap Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Salmon Tambunan, Asadame Simanjuntak serta Afwan Nasution.

Dalam rapat tersebut, ditetapkan oleh Ketua KPU Kota Sibolga Khalid Walid, bahwa jumlah DPT hasil perbaikan DPTHP-II, berjumlah 64.957 pemilih dengan jumlah DPT laki-laki 32.171 dan DPT perempuan sebanyak 32.786.

Asmar Harahap komisioner KPU Kota Sibolga Divisi Perencanaan Data dan Informasi mengatakan, penetapan DPTHP-II di Kota Sibolga berdasarkan surat edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor: 1099/PL.02.1-SD/KPU/IX/2018 tanggal 20 September 2018 perihal penyempurnaan DPTHP-I atas rekomendasi Bawaslu dan masukan partai politik peserta Pemilu pada saat rapat pleno terbuka Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-I) tingkat Nasional.

“Berdasarkan surat edaran KPU, maka KPU Kota Sibolga, PPK dan PPS se-Kota Sibolga melakukan kegiatan Coklit, menerima tanggapan masyarakat melalui posko GMHP, verifikasi data, koordinasi dengan Disdukcapil dan melaksanakan beberapa kali rapat koordinasi dengan Bawaslu, Parpol dan pemangku kepentingan yang berkaitan,” kata Asmar.

Sehingga, lanjut Asmar, pada tanggal 10 Nopember 2018 PPS se-Kota Sibolga telah melaksanakan rekapitulasi hasil penyempurnaan DPTHP, demikian halnya PPK se-Kota Sibolga telah melaksanakan rekapitulasi tingkat PPK pada tanggal 11 Nopember 2018.

“Maka hari ini KPU Kota Sibolga melaksanakan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-II). Dimana, telah ditetapkan DPTHP-II Kota Sibolga, sebanyak 64.957 pemilih, terdiri dari Kecamatan Sibolga Utara 15.462 pemilih, Kecamatan Sibolga Kota 11.361 pemilih, Kecamatan Sibolga Sambas 15.751 pemilih dan Kecamatan Sibolga Selatan 22.383 pemilih,” jelasnya.

Rapat pleno ini dihadiri Ketua Bawaslu Kota Sibolga Zulkifli Sigalingging dan anggota Bawaslu Darwis Sibarani, Kepala Kesbang Pol Kota Sibolga, mewakili Disdukcapil dan perwakilan 15 Partai politik (Parpol), PPK dan PPS se-Kota Sibolga. (Petrus Gulo)