Cegah Terjadinya Pelanggaran, Bawaslu Sibolga Gelar Rapat Bersama Parpol dan Instansi Terkait

Cegah Terjadinya Pelanggaran, Bawaslu Sibolga Gelar Rapat Bersama Parpol dan Instansi Terkait

14/11/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Untuk mencegah terjadinya pelanggaran dalam tahapan kampanye pada Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga bersama KPU Kota Sibolga, Partai Politik (Parpol), Satpol PP Kota Sibolga, Dinas Perhubungan Kota Sibolga, dan Polres Sibolga menggelar rapat di ruang rapat Kantor Bawaslu Kota Sibolga, Selasa (13/11/2018).

            Rapat terkait pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang digelar oleh Bawaslu Kota Sibolga untuk menyamakan persepsi, kebersamaan bersama Parpol dengan istansi terkait. Rapat membahas, mengenai lokasi, bagaimana, dan apa yang dilakukan pada saat pemasangan APK. Sehingga, baik Parpol maupun peserta Pemilu lebih paham tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Kordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Sengketa Bawaslu Kota Sibolga Darwis Sufrianto Sibarani S.Sos, mengatakan, rapat tersebut dilakukan bersama KPU Kota Sibolga, Parpol, Satpol Sibolga, Dinas Perhubungan Sibolga untuk menyamakan persepsi, dalam kaitan pemasangan Alat Peraga Kampanye ( APK) pada tahapan kampanye pemilu 2019, sesuai yang diatur dalam PKPU.

“Rapat kita hari ini merupakan tindak lanjut dari rapat sosialisasi pengawasan pemilu 2019 yang diadakan 2 hari yang lalu di Aula Hotel Wista Indah Kota Sibolga. Rapat ini bertujuan untuk menyatukan pemahaman tentang dimana, bagaimana, dan apa yang harus dilakukan pada saat pemasangan APK agar tidak menyalahi aturan,” jelas Darwis, usai rapat di kantor Bawaslu Kota Sibolga, Selasa (13/11/2018).

Darwis juga berharap dan menghimbau kepada masing-masing Partai Politik untuk sama-sama mengikuti aturan yang telah diatur dalam PKPU, khususnya dalam kaitan pemasangan APK.

“Rapat ini sangat penting karena melalui Parpol dapat memberikan himbauan kepada masyarakat agar mematuhi aturan terkait pemasangan APK sehingga nantinya tidak ada permasalahan di kemudian hari,” tegasnya. (Freddy A Pardosi)