19-20 Nopember 2018 Mendatang, Polres Sibolga Gelar Lomba Vocal Grup Lagu Perjuangan

19-20 Nopember 2018 Mendatang, Polres Sibolga Gelar Lomba Vocal Grup Lagu Perjuangan

15/11/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Dalam rangka memperingati hari pahlawan yang ke-73, Polres Sibolga menggelar lomba vocal group lagu-lagu perjuangan/Nasional memperebutkan piala Kapolres Sibolga tahun 2018.

Hal ini disampaikan Kapolres Sibolga AKBP Edwin Hatorangan Hariandja melalui Kasubag Humas Polres Sibolga Iptu R Sormin, Kamis (15/11/2018) kepada RAKYAT di ruang kerjanya.

“Kegiatan lomba tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Telegram Kapolda Sumut  Nomor : 387/ III / 2018, tanggal 29 April 2018 tentang giat bersama kepada masyarakat. Kegiatan perlombaan vocal group direncanakan  pada tanggal 19 hingga 20 Nopember 2018, pukul 09.00 wib hingga selesai di aula Wira Pratama Polres Sibolga,” beber Sormin.

Sormin juga menjelaskan, technical meeting dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 17 Nopember 2018, pukul 14.00 WIB hingga selesai di aula Wira Pratama Polres Sibolga. Adapun ketentuan adalah sebagai berikut, peserta adalah masyarakat yang tinggal dalam lingkup Kelurahan dikota Sibolga dan kelompok independen. Jumlah peserta 5 hingga 12 orang dan sudah termasuk pengiring musik. Usia peserta tidak dibatasi. Setiap kontingen menyerahkan data kepesertaan dan registrasi kembali saat technical meeting. Jenis musik yang digunakan adalah Akustik. Setiap peserta menyanyikan 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan (yang telah disiapkan oleh panitia. Penampilan peserta lomba hanya sekali tampil dengan membawakan 2 lagu (1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan) tidak dpt diulang,penerangan dan gangguan lainnya atas permintaan dewan juri dan dipandu oleh Panitia.

“Dan lagu yang akan dibawakan oleh peserta adalah lagu wajib Syukur (cipt H.Mutahar) dan lagu pilihan Butet, Kebyar-kebyar (Gombloh), Maju tak gentar (cipt C.Simanjuntak), Tanah airku (cipt Ibu Sud) dan Bangun Pemuda Pemudi,” terangnya.

Sambung Sormin, setiap peserta bebas mengaransemen lagu/menginprovisasi lagu sesuai dengan kebutuhan peserta,tetap menjaga keindahan dan jiwa lagu. Nada dasar lagu wajib dan lagu pilihan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan tim dan wajib dilaporkan kepada Panitia sebelum lomba diadakan. Durasi waktu penampilan setiap peserta maksimal 15 menit (terhitung sejak memberi hormat).

“Peserta terbaik I menjadi perwakilan Polres Sibolga ketingkat Polda Sumut. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” ucapnya.

Ditambahkannya, kriteria penilaian vocal group meliputi, Intonsi : Ketepatan/kemurnian dan harmonisasi. Kualitas suara : Penempatan suara (placement), kekuatan kesatuan dan perpaduan suara. Artistik : Interpretasi diksi,dinamika dan tempo. Ekresi Artistik : Penampilan keseluruhan, penghayatan, ekspresi dan kekompakan tim.

“Dihimbau kepada masyarakat dapat mendaftarkan diri serta informasi lanjut dapat menghubungi kontak person, Kasat Binmas Polres Sibolga AKP P Simarmata hp 085367530117. KBO Sat Binmas Iptu Daniel hp 081260939393. Brigadir A.Taslim hp 081361465577 dan Para Bhabinkamtibmas yang berada di Kelurahan se-kota Sibolga,” jelasnya. (Freddy A Pardosi)