Di Kepemimpinan Jokowi, Dana Desa Tapsel Capai 657 Miliar

Di Kepemimpinan Jokowi, Dana Desa Tapsel Capai 657 Miliar

15/11/2018 0 By Redaktur 1

TAPSEL | Di kepemimpinan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo bersama Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) telah banyak menerima kucuran Dana Desa, yang sangat membantu dalam pembangunan daerah.

Disampaikan Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu SH, Tahun Anggaran (TA) 2015, Pemkab Tapsel menerima Rp57 miliar lebih, TA 2016 berjumlah Rp127 miliar, TA 2017 sebanyak Rp161 miliar dan TA 2018 sebesar Rp145 miliar.

“Dan kalau ditambah dengan Tahun 2019 sebesar Rp167 miliar, maka keseluruhannya akan mencapai Rp657 miliar lebih, yang menurut saya pantas kita syukuri dan ucapkan terima kasih,” ucap Bupati Tapsel, H. Syahrul M. Pasaribu dalam sambutannya saat membuka Bursa Inovasi Desa Program Inovasi Desa Tahun 2018 Kabupaten Tapsel, di Istana Hasadaon, Kecamatan Sayur Matinggi, Rabu (14/110 kemarin.

Dikatakan Bupati, kegiatan Bursa Inovasi Desa merupakan bagian komponen utama program inovasi desa tahun 2018. Program Inovasi Desa hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa dalam pengembangan potensi ekonomi lokal, dan kewirausahaan, pengembangan SDM, serta infrastruktur desa. Program inovasi desa merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menggunaan Dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk mengingatkan kembali bahwa perhatian pemerintah untuk memberdayakan desa, yang sejalan dengan program Nawacita Presiden RI, Joko Widodo butir ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan adalah sangat besar,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati menjelaskan Bupati, selama empat tahun anggaran, Dana Desa tersebut telah banyak membantu pembangunan infrastruktur di pedesaan, baik itu jalan usaha tani yang memudahkan petani dalam mengangkut dan mendistribusikan hasil pertaniannya, irigasi yang mendukung meningkatnya produksi petani, jalan utama yang membuka keterisoliran desa, serta lainnya.

Dengan demikian, pungkasnya, Tahun 2019, Dana Desa difokuskan kepada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi kerakyatan.

“Intinya, program Nawacita Presiden RI, Ir H. Joko Widodo ini benar-benar sangat membantu kita, khususnya masyarakat di pedesaan,” jelasnya.

Atas dasar itu, Bupati kembali mengajak seluruh masyarakat 211 desa di 15 kecamatan se-Tapsel untuk mensyukuri nikmat pembangunan tersebut dan juga berterimakasih kepada Presiden RI, Joko Widodo.

Bursa Inovasi Desa tersebut dihadiri sekitar 500-an masyarakat desa, diantaranya Kepala Desa dan aparaturnya, Badan Perwakilan Desa (BPD), Camat, tokoh masyarakat Tapsel dan Sumut seperti Syamsul Qamar, serta undangan lainnya. (Borneo)