Kodim 0212/TS Bentuk Pasukan Reaksi Cepat Penanggulan Bencana di Kabupaten Madina

Kodim 0212/TS Bentuk Pasukan Reaksi Cepat Penanggulan Bencana di Kabupaten Madina

15/11/2018 0 By Redaktur 3

MADINA | Dalam menyatukan suatu persepsi dalam penanggulangan bencana di kabupaten Mandailing Natal (Madina) Kodim 0212/TS melakukan rapat koordinasi untuk pembentukan organisasi Pasukan  Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Madina, Rabu (14/1/2018).

Rapat Koordinasi pembentukan PRCPB tersebut dibuka oleh Bupati Madina yang diwakili oleh Sekda Madina Syafii Lubis dengan dihadiri oleh Dandim 0212/TS diwakili Kasdim Mayor Inf Dedi Iskandar, Kapolres Madina diwakili oleh Kasat Sabara, Dandenpom Panyabungan, Asisten 1, BPBD Madina, BMKG, Para Danramil, Camat dan sejumlah OPD lainnya.

Sekda Madina Syafii Lubis dalam kesempatan tersebut menyampaikan, apa yang dilaksanakan hari ini adalah yang cukup baik di dalam menangani bencana di kabupaten Mandailing Natal, karena dengan adanya bencana ini maka kita bisa menyamakan persepsi di dalam penanganan bencana.

“Pemda Madina tidak akan dapat berbuat apa apa tanpa adanya dukungan dari semua pihak ternasuk TNI, Polri untuk itu diharapkan dengan adanya rapat koordinasi ini maka dalam menanggulangi bencana di Madina dapat menyatukan persepsinya, dan diharapkan para camat untuk selalu ada di lokasi bencana apabila sewaktu waktu ada bencana di daerahnya masing masing,” ujar Syafii.

Lebih lanjut Sayafii mengatakan bahwa Gubsu juga semalam ketika datang ke Kabupaten Madina dalam meninjau pasca bencana juga mempertanyakan tim reaksi cepat. Untuk itu kegiatan ini sangat baik dan cocok karena Madina ini salah satu wilayah rawan bencana.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka penanggulangan bencana di Madina lebih cepat dapat di atasi sehingga penanggulangan pasca bencana dapat lebih baik kedepannya,” tutupnya.

Sementara itu, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Dedi Iskandar menyampaikan bahwa apa yang kita laksanakan hari ini merupakan instruksi pimpinan atas kami untuk membentuk suatu tim reaksi cepat dalam penanggulangan bencana di wilayah Korem 023/KS yang mana salah satunya adalah Kidim 0212/TS, sekarang ini kita sedang dalam siaga satu dalam bencana alam sehingga sudah sepantasnya dilakukan penyamaan persepsi dalam penanggulangan bencana di wilayah teritorial Kodim 0212/TS.

“Kami memilih Kabupaten Mandailing Natal yang pertama pembentukan ini karena Madina merupakan wilayah yang terbesar terjadi bencana, karena di Madina ini sudah ada korban jiwa sehingga Madina adalah yang pertama kita lakukan rapat pembentukannya,” kata Dedi.

Dedi juga menjelaskan bahwa apa yang sekarang ini baru draf rencana, untuk itu nanti sangat mengharapkan masukan dari peserta rapat nantinya, apakah namanya akan tetap PRCPB ataupun yang lainnya.

“Diharapkan di dalam rapat ini nantinya kita dapat membuat suatu kesimpulan apa nama tim ini dan sistem kerjanya nantinya bagaimana, karena apa yang kita buat sekarang ini baru hanya merupakan rencana, dan kami serahkan nantinya sebutannya apa dan rencana kerjanya bagaimana,” ucapnya.

Pantauan di lapangan, dalam kesempatan tersebut Kasdim 0212/TS memaparkan rencana pembentukan PRCPB yang sudah dibuat oleh pihak TNI. (Freddy A Pardosi)