Darul Mursyid Juara Dua BRAPHY Tingkat Nasional

Darul Mursyid Juara Dua BRAPHY Tingkat Nasional

16/11/2018 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM), Tapanuli Selatan (Tapsel) kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat Nasional pada Brawijaya Physic Event (BRAPHY) 2018, pada tanggal 11 Nopember 2018 lalu.

PDM yang beralamat di Desa Sidapdap-Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) ini kembali meraih prestasi dengan meraih Juara Dua bidang studi Kebumian dan bidang studi Astronomi.

Disampaikan guru pendamping tim PDM, Arjun Arifin Lase, BRAPHY ini merupakan kompetisi akademik dalam bidang ilmu Kebumian, Astronomi, Fisika dan exhibition untuk siswa SMA-sederajat tingkat Nasional.

Masih dikatakan Arjun, pada event ini PDM hanya mengikuti cabang sainsnya saja yaitu Kebumian, Astronomi dan Fisika.

Diutarakan Arjun, sebenarnya untuk bidang studi Astronomi ada enam sekolah yang lolos ke semifinal, yaitu SMAN Unggulan Muhammad Husni Thamrin Jakarta, SMAN Plus Provinsi Riau, MAN 2 Pekanbaru, MA Swasta Darul Mursyid Tapsel, SMAN 3 Palembang, SMA Katolik Rajawali Makassar.

Demikian juga untuk bidang studi Kebumian yang lolos ke babak semifinal adalah MAN 2 Kota Malang, MA Swasta Darul Mursyid Tapsel, SMAN 1 Trenggalek, MAN 3 Malang.

“Alhamdulillah, Allahu Akbar, dengan rahmat Allah SWT serta iringan do’a Bapak Direktur PDM, Jafar Syahbuddin Ritonga, Opung pendiri Yaspenhir, Hj Riana Siregar dan semua keluarga besar Darul Mursyid, melewati perjuangan yang sangat kompetitif di babak final, anak kita berhasil keluar sebagai juara,” ucap Arjun, Kamis (15/11) kemarin.

Hasil finalnya, terang Arjun adalah Juara Satu bidang studi Astronomi diraih oleh SMA Unggulan Muhammad Husni Thamrin Jakarta, Juara Dua diraih oleh PDM atas nama Sultan Samsuddin dan Juara Tiga SMA Plus Riau, dari jumlah peserta sebanyak 720 orang.

Sedangkan untuk bidang studi Kebumian, Juara Satu diraih oleh MAN 2 Malang, Juara Dua diraih PDM atas nama Muhammad Fathur Rizki Hasibuan dan Juara Tiga didapatkan MAN 2 Malang, dari jumlah peserta sebanyak 260 orang.

Di kesempatan yang sama, Direktur PDM, Jafar Syahbuddin Ritonga DBA turut mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas capaian anak didiknya ditingkat Nasional ini.

“Syukur alhamdulillah, anak didik kami kembali menorehkan prestasi ditingkat Nasional. Ini tentu sangat membanggakan kami karena mengharumkan nama PDM sebagai almamaternya dan tentunya kebanggaan bagi orangtua mereka. Selamat bagi ananda yang telah mempersembahkan prestasi terbaiknya untuk nama baik PDM, kebanggaan orangtua kalian,” tutur Jafar.

Pria yang juga merupakan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir), badan pengelola PDM ini mengatakan bahwa prestasi ini menjadi bukti nyata atas kemampuan siswa PDM dalam bidang sains untuk tingkat Nasional, bukan sekedar klaim dan omongan semata.

Dijelaskan Jafar bahwa PDM memang diproyeksikan sebagai pesantren terbaik dalam bidang sains. Karena, selama ini pesantren selalu dipandang sebelah mata bila bertanding dibidang ilmu pengetahuan umum.

Untuk itu, PDM ingin membuktikan bahwa pesantren juga bisa bersaing dengan sekolah umum lainnya, bukan hanya ditingkat kabupaten dan provinsi, tapi juga ditingkat Nasional.

Meski demikian, terangnya, PDM masih harus berjuang lebih keras lagi dan lebih matang lagi agar kedepan prestasi PDM bisa konsisten dan merata di semua bidang studi sains. (Borneo)