Warga Simaninggir Rasakan Manfaat Atas Program PT. NSHE

Warga Simaninggir Rasakan Manfaat Atas Program PT. NSHE

19/11/2018 0 By Redaktur 3

TAPSEL | Program pemeriksaan kesehatan dan bantuan asupan tambahan makanan bergizi PT. North Sumatera Hydro Energy (NSHE) sangat berdampak positif bagi kesehatan masyarakat.

Seperti naiknya berat badan sejumlah warga yang rutin mengikuti kegiatan PT. NSHE, pengelola PLTA Batangtoru bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Tapanuli Selatan (Tapsel) tersebut.

Amrin Ritonga (53), menguatarakan bahwa asupan tambahan makanan bergizi berupa susu yang ia terima rutin dalam kurun 3 bulan ini sangat sesuai terhadap tubuh dan kesehatannya. Itu ia nilai setelah mengetahui terjadinya kenaikan berat badannya 3 kilogram dari sebelumnya sekitar 55 kilogram menjadi 58 kilogram.

“Cocok memang susu yang kami terima dari PT. NSHE ini. Berat saya saja sudah bertambah 3 kilogram. Begitu juga cerita sejumlah warga lain yang sudah menerima bantuan tersebut,” ucap Amrin, disela-sela mengkuti kegiatan, bertempat di Madrasah Diniyah Ta’miliyah Al Ikhlas Desa Simaninggir, Kecamatan Marancar, Sabtu (17/11/2018).

Amrin bersama warga lain bermarga Simbolon menyebutkan bahwa program bidang kesehatan PT. NSHE tersebut sangat menyentuh kepada masyarakat. Apalagi selama ini, ekonomi sejumlah warga masih terbatas untuk membeli susu sebagai asupan tambahan makanan bergizi bagi keluarganya.

“Masyarakat tentu senang dengan bantuan ini, karena jelas bermanfaat bagi tubuh masyarakat,” pungkasnya.

Sama halnya dengan warga lainnya, baik Nurasiah maupun Siti Aisyah mengaku sangat terbantu dengan pemberian asupan tambahan makanan bergizi bagi kesehatan mereka.
Kepala Desa (Kades) Simaninggir, Paris Siregar menilai, program tersebut sangat baik dan menyentuh terhadap kesehatan masyarakat.

Warga, terangnya, menyambut baik kehadiran PLTA di daerah mereka, karena juga memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

“Program ini sangat bagus, masyarakat terbantu dan selalu antusias mengikutinya,” ucap Kades.

Selaku pemimpin di desa yang memiliki tiga kampung (Simaninggir, Aek Pasir dan Pancur Batu) tersebut, ia selalu mendorong masyarakat untuk selalu aktif mengikuti kegiatan yang digelar PT. NSHE bekerjasama dengan Dinkes Tapsel tersebut.

Baik Kades maupun warga berharap program kegiatan tersebut bisa terus berlanjut dan bahkan semakin ditingkatkan kedepannya.

Pada kegiatan yang digelar Sabtu (17/11) lalu, dimulai dengan senam sehat, lalu pemeriksaan kesehatan, dan pembagian asupan tambahan makanan bergizi. Sebanyak 105 orang lanjut usia, 15 orang ibu hamil, 76 balita dan 16 bayi menerima manfaat dari program yang sudah ketiga kalinya tersebut.

277 Warga Marancar Julu Juga Terima Manfaat. Demikian juga program yang sama di Desa Marancar Julu, Kecamatan Marancar, Jum’at (17/11) lalu, warga begitu antusias mengikuti kegiataan yang juga ketiga kalinya tersebut.

Sebanyak 180 orang lanjut usia, 15 orang ibu hamil, 69 balita dan 13 bayi menerima manfaat dari program bidang kesehatan PT. NSHE ditengah-tengah masyarakat tersebut. (Borneo)