Kodim 0206/Dairi Gelar Wisata Matematika Bela Negara Bagi Siswa SMP N 1 Sidikalang

Kodim 0206/Dairi Gelar Wisata Matematika Bela Negara Bagi Siswa SMP N 1 Sidikalang

21/11/2018 0 By Redaktur 3

DAIRI | Kodim 0206/Dairi  menggelar Wisata Matematika Bela Negara bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri (N) 1 Sidikalang, bertempat di Mako Kodim 0206/Dairi, Senin (19/11/2018). Wisata Matematika Bela Negara merupakan sebuah cara dimana para peserta mampu mengasah kemampuan berhitung serta mengimplementasikan program komsos kreatif.

Peserta Wisata Matematika Bela Negara berjumlah 62 peserta didik, yang diawali dengan kegiatan acara penyambutan dan pemasangan ikat kepala merah putih bagi peserta. Kemudian pemberian materi wasbang dan materi matematika bela negara berupa permainan Monopoli. Dan dilanjutkan materi PBB dasar penghormatan dan sikap sempurna. Serta permainan outbond berupa hulahoop, permadani terbang, dan bola tali.

Sebagai koordinator kegiatan adalah Kapten Arh Pasaribu jabatan sehari hari Pasi teritorial, dibantu oleh Sersan Mayor Ajun Berutu memberikan materi wawasan kebangsaan, sedangkan Sertu Aritonang memberi materi Matematika dan materi PBB, dan anggungjawab Serda Supriyadi.

Menariknya permainan ini seperti permainan monopoli yang menggunakan dadu dan kartu yang berisi pertanyaan pertanyaan mengenai pancasila, bhineka tunggal ika dan pengetahuan umum.

Kapten Arh Pasaribu mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan dengan cara yang menyenangkan dalam bentuk wisata matematika bela negara. Dengan harapan agar para pelajar tidak pusing lagi dengan pelajaran matematika dan tidak takut lagi bela negara.

“Tujuan dasar dari permainan ini adalah untuk memperkenalkan tanda-tanda pangkat dalam kemiliteran, kemudian menumbuhkan rasa cinta terhadap TNI dan tanah air. Selain itu, tidak kalah pentingnya membentuk nilai kejujuran dan sportivitas. Dan permainan ini dibuat untuk menumbuhkan anak-anak memiliki jiwa, rasa dan tanggungjawab membela bangsa dan negara,” katanya. (Freddy A Pardosi)