Korem 023/KS Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M

Korem 023/KS Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M

23/11/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Korem 023/KS bersama Prajurit, ASN dan Persit memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M, yang bertempat di Aula Gupala Makorem 023/KS, jalan Datuk Itam Nomor 1 Kota Sibolga, Jumat, (23/11/2018).

Kasi Intel Letkol Arh Utama Rusdyaman saat membacakan kata sambutan Danrem 023/KS menyampaikan, Perayaan Maulid Nabi adalah sebagai bentuk upaya untuk mengenang akan keteladanan Muhammad SAW sebagai pembawa ajaran Agama Islam. Tercatat dalam sepanjang sejarah kehidupan, bahwa Nabi Muhammad adalah pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya.

“Rasulullah SAW diutus ke muka bumi dengan membawa amanah Allah SWT, guna memperbaiki akhlak umat manusia. Bila dikaji secara mendalam, sejarah kehidupan Rasulullah SAW merupakan suatu gambaran dinamika kehidupan umat manusia yang sangat tinggi nilainya, yang berpijak pada tiga landasan pokok yaitu Iman, Islam dan Ikhsan. Kesemuanya ini tercermin dengan sangat jelas dari perilaku keseharian Nabi Muhammad SAW,” ucap Utama Rusdyaman.

Lebih lanjut, Utama Rusdyaman menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi kali ini, hendaknya dapat meneladani perilaku dan perbuatan yang telah dicontohkan Rasulullah SAW, karena dalam diri beliau tergambar dinamika kehidupan manusia yang sempurna dan penuh dengan akhlakul karimah, sebagaimana yang dinyatakan Allah pada firman-Nya dalam Surat Al-Ahzab Ayat 21 yang artinya, “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat, serta yang banyak mengingat Allah”.

“Tema Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diangkat kali ini yaitu, “Jadikan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M sebagai suri teladan bagi Prajurit dan PNS TNI AD yang berjiwa kesatria, militan, loyal, profesional, modern dan manunggal dengan rakyat”. Berkaitan dengan tema tersebut, kita dapat menggali nilai-nilai ajaran dan tauladan Nabi Muhammad SAW untuk meningkatkan kualitas sebagai Prajurit pejuang dan selalu dekat dengan rakyat sehingga dapat terwujudnya rasa cinta Prajurit dan PNS Korem 023/KS terhadap agama Islam, nilai-nilai agama, ahlak mulia dan menjaga moral bangsa dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, serta meneladani sikap-sikap khazanah sang Rasul,” katanya.

Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Yusraini Silitonga dilanjutkan dengan acara tausiah atau ceramah yang disampaikan oleh  Ustad H. Zainudin Sinaga.

“Kita harus banyak bersuykur kepada Allah SWT, kita bersyukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW, karena kelahiran Nabi Muhammad membawa rahmatan lil alamin bagi semesta alam. Dan kita harus mencontoh tauladan Nabi Muhammad SAW, sebagai landasan hidup kita, serta harus menjaga persatuan dan kesatuan untuk menjaga keutuhan ummat.

Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M ditutup dengan doa oleh Ustad H. Zainudin Sinaga. (Freddy A Pardosi/rel)