KPU Sibolga Kordinasikan DPTHP-II ke Bawaslu Coklit Dilapangan Diharapkan disaksikan Bawaslu

KPU Sibolga Kordinasikan DPTHP-II ke Bawaslu Coklit Dilapangan Diharapkan disaksikan Bawaslu

26/11/2018 0 By Redaktur 2
Sibolga | Dalam rangka validasi data daftar pemilih tetap Komisi Pimilihan Umum (KPU) kota Sibolga melakukan rapat kordinasi (Rakor) dengan Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kota Sibolga, Senin (26/11) di kantor Bawaslu kota Sibolga, Jl S. Parman Kelurahan Kota Beringin Kecamatan Sibolga Kota.
Dalam rapat tersebut hadir 4 orang Komisioner KPU yakni Ketua Khalid Walid, Divisi Teknik Salmon Tambunan, Divisi hukum Asa Dame Simanjuntak, Divisi data Asmar Harahap didampingi Sekretaris KPU Kota Sibolga Incawadi Tanjung beserta staf Sementara pihak Bawaslu yang menerima ialah Ketua Bawaslu Julkifly Sigalingging dan Divisi hukum dan penindakan pelanggaran Darwia S. Sibarani.
Dalam rapat tersebut KPU kota Sibolga menyampaikan bahwa jumlah DPT hasil perbaikan DPTHP-II, berjumlah 64.957 pemilih dengan jumlah DPT laki-laki 32.171 dan DPT perempuan sebanyak 32.786.

Asmar Harahap komisioner KPU Kota Sibolga Divisi Perencanaan Data dan Informasi mengatakan, penetapan DPTHP-II di Kota Sibolga berdasarkan surat edaran Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor: 1099/PL.02.1-SD/KPU/IX/2018 tanggal 20 September 2018 perihal penyempurnaan DPTHP-I atas rekomendasi Bawaslu dan masukan partai politik peserta Pemilu pada saat rapat pleno terbuka Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-I) tingkat Nasional.

“Berdasarkan surat edaran KPU, maka KPU Kota Sibolga, PPK dan PPS se-Kota Sibolga melakukan kegiatan Coklit, menerima tanggapan masyarakat melalui posko GMHP, verifikasi data, koordinasi dengan Disdukcapil dan melaksanakan beberapa kali rapat koordinasi dengan Bawaslu, Parpol dan pemangku kepentingan yang berkaitan,” kata Asmar.

Sehingga, lanjut Asmar, pada tanggal 10 Nopember 2018 PPS se-Kota Sibolga telah melaksanakan rekapitulasi hasil penyempurnaan DPTHP, demikian halnya PPK se-Kota Sibolga telah melaksanakan rekapitulasi tingkat PPK pada tanggal 11 Nopember 2018.

“Maka hari ini KPU Kota Sibolga melaksanakan rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP-II). Dimana, telah ditetapkan DPTHP-II Kota Sibolga, sebanyak 64.957 pemilih, terdiri dari Kecamatan Sibolga Utara 15.462 pemilih, Kecamatan Sibolga Kota 11.361 pemilih, Kecamatan Sibolga Sambas 15.751 pemilih dan Kecamatan Sibolga Selatan 22.383 pemilih,” jelasnya.

Menaggapi hal tersebut, ketua Bawaslu Kota Sibolga Julkifly Sigalingging meminta kepada pohak KPU agar memerintahkan PPK untuk bekerja sama dengan Panwascam dalam melaksanalan coklit atau melaksanakan validasi data DPTHP-II.

“Kan masih ada waktu untuk perbaikan mulai dari 16 November sampai 16 Desember 2018. Apabila nanti hasil perbaikan tersebut ada perubahan data maka diharapkan akan ditetapkan DPTHP-III namun harapan kita tidak ada lagi perubahan. Namun kita harapkan kerjasamanya. Saat melakukan coklit, PPK dan PPS ada baiknya kita berdampingan dengan panwascam dan PPL kita” ujarnya. (Petrus Gulo)

 

==Ket Foto: KPU Sibolga saat melaksanakan kordinasi dengan Bawaslu==