Kapenrem 023/KS Berharap Media Massa Memberikan Informasi Akurat dan Benar

Kapenrem 023/KS Berharap Media Massa Memberikan Informasi Akurat dan Benar

28/11/2018 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Media massa merupakan salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi setiap hari, kapan saja dan dimana saja antara satu orang dengan orang yang lain. Melalui media massa ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam berbagai hal yang bersifat positif, meski tidak bisa dipungkiri ada juga beberapa hal yang bernilai negative dalam media massa.

Ha ini disampaikan Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata saat memberikan materi pelajaran teori “Penyebarluasan Informasi Melalui Media Cetak dan Elektronik”, dihadapan 150 orang peserta latihan penanggulangan bencana alam, terdiri dari berbagai instansi, bertempat di Makorem, Jalan Datuk Itam Nomor 1 Kota Sibolga, Senin 26/11/2018).

“Namun pada dasarnya dengan media massa, masyarakat mendapat pencerahan dari media tersebut,” kata Ojak Simarmata.

Lanjut, Ojak Simarmata mengatakan, beberapa media cetak majalah, surat kabar, media elektonik, televisi, radio, situs atau melalui poster dan spanduk adalah satu alat untuk menyampaikan informasi ke masyarakat, termasuk macam-macam aplikasi media jejaring sosial yang disediakan di smartphone (Android, iOS, Windows Phone).

“Salah satu tugas pokok pos komando dan koordinasi tanggap darurat bencana adalah menyebarluaskan informasi mengenai kejadian bencana secara akurat dan benar kepada media dan masyarakat luas,” jelasnya.

Mengakhiri materi pelajaran, Kapenrem 023/KS Mayor Arm Ojak Simarmata mengatakan setiap ada bencana selalu banyak juga berita-berita hoax di media contohnya, bencana tsunami Donggala Palu banyak konten negatif yang beredar di jaringan internet, baik melalui situs maupun media sosial dan platform chatting. (Freddy A Pardosi)